Show simple item record

dc.contributor.authorKurniani, Khoirida Hardini
dc.contributor.authorSutama, Sutama
dc.date.accessioned2017-06-20T02:46:29Z
dc.date.available2017-06-20T02:46:29Z
dc.date.issued2017-05-14
dc.identifier.citation[1] Jihad, A., Haris, A. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo. [2] Ristekdikti. 2013. Skor PISA. Diakses pada 28 April 2016, dari http://www.kopertis12.or.id/2013/12/05/skor-pisa-posisi-indonesia-nyaris-jadi-juru-kunci.html [3] Kemdikbud. 2015. Laporan Hasil Ujian Nasional. Diakses pada 25 September 2016, dari http://118.98.234.50/lhun/statistik.aspx [4] Eskandari, M., Soleimani, H. 2016. “The Effect of Collaborative Discovery Learning Using MOODLE on the Learning of Conditional Sentences by Iranian EFL Learners”. Theory and Practice in Language Studies, 6(1), 153-163. [5] Mashuri, Imam. 2012. “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dan Inkuiri Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri Kabupaten Blora”. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 2(1), 19-35. [6] Mulyatiningsih, Endang. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta. [7] Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Pembelajaran Sainntifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara. [8] Fathurrohman, M. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. [9] Chandrasari, T., Trapsilasiwi, D., Kurniati, D. 2015. “Implementasi Pembelajaran Berbasis Lesson Study untuk Mengembangkan Karakter Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII C SMP Negeri 9 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014 pada Sub Pokok Bahasan Garis dan Sudut”. KadikmA, 6(2), 109-118. [10] Sutama. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK dan R&D. Kartasura: Fairuz Media. [11] Supriyanto, B. (2014). “Penerapan Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI B Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling dan Luas Lingkaran di SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember”. Pancaran Pendidikan, 3(2), 165-174. [12] Bungel, M. F. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Palu pada Materi Prisma”. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1), 45-54. [13] Wulandari, B., & Surjoyo, H. D. 2013. “Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK”. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178-191. [14] Mariani, S., Wardono, Kusumawardani, E. D. 2014. “The Effectiveness of Learning by PBL Assisted Mathematics Pop Up Book Againts The Spatial Ability in Grade VIII on Geometry Subject Matter”. International Journal of Education and Research, 2(8), 531-548. [15] Gholami, M., Moghadam, P., Mohammadipoor., Tarahi. 2016. “Comparing the Effects of Problem-Based Learning and the Traditional Lecture Method on Critical Thinking Skills and Metacognitive Awareness in Nursing Students in a Critical Care Nursing Course”. Nurse Education Today, 45, 16-21. [16] Tran, T., Nguyen, N., Bui, M., Phan, A. 2014. “Discovery Learning with the Help of the GeoGebra Dynamic Geometry Software”. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 7(1), 44-57. [17] Maarif, S. 2016. “Improving Junior High School Students’ Mathematical Analogical Ability Using Discovery Learning Method”. International Journal of Research in Education and Science, 2(1), 114-124. [18] Aini, P. N., & Taman, A. 2012. “Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Seswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011”. Jurnal Pendidikan Akuntansi, X(1), 48-65. [19] Wijaya. 2015. “Hubungan Kemandirian dengan Aktivitas Belajar Siswa”. Jurnal Penelitian Tindakan, 1(3), 40-45. [20] Syam, Yunus Hanis. 2006. QQ (Quranic Quotient) : Membangun Generasi Qurani yang Mandiri. Yogyakarta: Progesif Books. [21] Sarah, Umay. 2016. “Dampak Problem Based Learning dan Discovery Learning Ditinjau daari Kemampuan Koneksi terhadap Hasil Belajar Matematika SMP”. Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNP I). ISSN: 2502-6526.in_ID
dc.identifier.issn2528-4630
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8825
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan: (1) menguji pengaruh yang signifikan antara strategi discovery learning dan problem based learning terhadap hasil belajar matematika, (2) menguji pengaruh yang signifikan antara tingkat kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika, (3) menguji efek interaksi antara strategi pembelajaran dan tingkat kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Batik Surakarta tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 302 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas VII H sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 33 siswa dan kelas VII I sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Hasil penelitian dengan taraf signifikansi α = 5% diperoleh (1) ada pengaruh yang signifikan antara strategi discovey learning dan problem based learning terhadap hasil belajar matematika, (2) ada pengaruh yang signifikan antara tingkat kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika, (3) tidak ada efek interaksi antara strategi pembelajaran dan tingkat kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherHMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectdiscovery learningin_ID
dc.subjectproblem based learningin_ID
dc.subjectkemandirian belajarin_ID
dc.subjecthasil belajarin_ID
dc.titlePenerapan Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Siswa SMPin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record