dc.identifier.citation | [1] Jihad, A., Haris, A. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo. [2] Ristekdikti. 2013. Skor PISA. Diakses pada 28 April 2016, dari http://www.kopertis12.or.id/2013/12/05/skor-pisa-posisi-indonesia-nyaris-jadi-juru-kunci.html [3] Kemdikbud. 2015. Laporan Hasil Ujian Nasional. Diakses pada 25 September 2016, dari http://118.98.234.50/lhun/statistik.aspx [4] Eskandari, M., Soleimani, H. 2016. “The Effect of Collaborative Discovery Learning Using MOODLE on the Learning of Conditional Sentences by Iranian EFL Learners”. Theory and Practice in Language Studies, 6(1), 153-163. [5] Mashuri, Imam. 2012. “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dan Inkuiri Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri Kabupaten Blora”. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 2(1), 19-35. [6] Mulyatiningsih, Endang. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta. [7] Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Pembelajaran Sainntifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara. [8] Fathurrohman, M. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. [9] Chandrasari, T., Trapsilasiwi, D., Kurniati, D. 2015. “Implementasi Pembelajaran Berbasis Lesson Study untuk Mengembangkan Karakter Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII C SMP Negeri 9 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014 pada Sub Pokok Bahasan Garis dan Sudut”. KadikmA, 6(2), 109-118. [10] Sutama. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK dan R&D. Kartasura: Fairuz Media. [11] Supriyanto, B. (2014). “Penerapan Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI B Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling dan Luas Lingkaran di SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember”. Pancaran Pendidikan, 3(2), 165-174. [12] Bungel, M. F. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Palu pada Materi Prisma”. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1), 45-54. [13] Wulandari, B., & Surjoyo, H. D. 2013. “Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK”. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178-191. [14] Mariani, S., Wardono, Kusumawardani, E. D. 2014. “The Effectiveness of Learning by PBL Assisted Mathematics Pop Up Book Againts The Spatial Ability in Grade VIII on Geometry Subject Matter”. International Journal of Education and Research, 2(8), 531-548. [15] Gholami, M., Moghadam, P., Mohammadipoor., Tarahi. 2016. “Comparing the Effects of Problem-Based Learning and the Traditional Lecture Method on Critical Thinking Skills and Metacognitive Awareness in Nursing Students in a Critical Care Nursing Course”. Nurse Education Today, 45, 16-21. [16] Tran, T., Nguyen, N., Bui, M., Phan, A. 2014. “Discovery Learning with the Help of the GeoGebra Dynamic Geometry Software”. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 7(1), 44-57. [17] Maarif, S. 2016. “Improving Junior High School Students’ Mathematical Analogical Ability Using Discovery Learning Method”. International Journal of Research in Education and Science, 2(1), 114-124. [18] Aini, P. N., & Taman, A. 2012. “Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Seswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011”. Jurnal Pendidikan Akuntansi, X(1), 48-65. [19] Wijaya. 2015. “Hubungan Kemandirian dengan Aktivitas Belajar Siswa”. Jurnal Penelitian Tindakan, 1(3), 40-45. [20] Syam, Yunus Hanis. 2006. QQ (Quranic Quotient) : Membangun Generasi Qurani yang Mandiri. Yogyakarta: Progesif Books. [21] Sarah, Umay. 2016. “Dampak Problem Based Learning dan Discovery Learning Ditinjau daari Kemampuan Koneksi terhadap Hasil Belajar Matematika SMP”. Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNP I). ISSN: 2502-6526. | in_ID |