Show simple item record

dc.contributor.authorSumargiyani, S.
dc.contributor.authorHibatallah, Muhammad Iqna
dc.date.accessioned2017-06-20T07:43:11Z
dc.date.available2017-06-20T07:43:11Z
dc.date.issued2017-03-18
dc.identifier.citationAbdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar.Jakarta:Rieneka Cipta. Dewanti. (2013). Analisis Miskonsepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Pada Matakuliah Kalkulus I Ditinjau Dari Gaya Belajar. Analisis Miskonsepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Pada Matakuliah Kalkulus I Ditinjau Dari Gaya Belajar. Diakses dari http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11899 Hardiyanti, A. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Kelas IX SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Barisan Dan Deret.78-88. Diakses dari https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/6944 Jamaris, M. (2009). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Jakarta: Yayasan Penamas Murni.Assidiqi, H. (2015). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Mahasiwa Dalam Pemecahan Masalah Persamaan Diferensial Melalui Model Search, Solve, Create and Share (SSCS) Berbantuan Software Matlab Tahun Akademik 2014/2015. Diakses dari http://idr.iainantasari.ac.id/5159/ Mutakin, T. Z. (2015). Analisis Kesulitan Belajar Kalkulus 1 Mahasiswa Teknik Informatika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1),, 49–60. Diakses dari http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/113 Oktavia, A. (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Persamaan Differensial Tingkat Satu (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). Diakses dari http://eprints.ums.ac.id/41541/in_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8827
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis kesulitan dan faktor penyebab kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan Persamaan Diferensial (PD), materi PD linier order n. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester lima program studi Pendidikan Matematika FKIP UAD yang berjumlah 6 orang. Metode pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tiga aktivitas, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa mengalami kesulitan pemahaman dan penerapan konsep yang terdiri : (1) Mahasiswa bingung rumus yang akan dipergunakan, (2) Mahasiswa kesulitan mencari akar karakteristik, (3) Mahasiswa salah dalam melakukan pembagian, (4) Mahasiswa kurang teliti dalam melakukan perhitungan,(5) Mahasiswa bingung langkah-langkah yang harus dilakukan. Faktor penyebab mahasiswa mengalami kesulitan : (1) Kurangnya penguasaan materi, (2) Kurangnya latihan mengerjakan soal-soal, (3) Motivasi belajar yang kurang, dan (4) Kesulitan dalam materi prasyarat.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectKesulitanin_ID
dc.subjectPersamaan Diferensialin_ID
dc.subjectMahasiswain_ID
dc.titleAnalisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Diferensialin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record