Peran Berpikir Analogi Dalam Memecahkan Masalah Matematika
Abstract
Memiliki pengetahuan dan kemampuan berfikir adalah dua hal yang tidak dapat
dipisahkan. Siswa tidak dapat mengembangkan kemampuan berpikir tanpa bahan pengetahuan,
sebaliknya kemampuan berpikir akan memperkaya pengetahuan. Kemampuan berpikir dalam
proses belajar matematika salah satunya adalah mengenai kemampuan siswa dalam memecahkan
masalah matematika. Matematika merupakan konsep real, relasi atau operasi dan prinsip yang
bersifat abstrak sehingga untuk memecahkan masalah tidak cukup hanya dengan pemahaman
dasar tetapi dibutuhkan adanya proses berpikir yang tinggi. Bepikir analogi dalam menyelesaikan
masalah matematika adalah aktifitas mental siswa dalam menyelesaikan masalah target
menggunakan struktur relasional penyelesaian masalah sumber. Berpikir analogi dalam
menyelesaikan masalah melibatkan berpikir untuk mengaitkan pengetahuan yang sudah pernah
dialami dengan permasalahan yang akan diselesaikan. Beberapa hasil penelitian dan kajian teori
menunjukkan bahwa berpikir analogi menjadi suatu hal yang penting dalam mengembangkan
tingkat kemampuan berpikir siswa untuk memecahkan masalah.