Analisis Metakognisi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Perbedaan Gender
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan metakognisi siswa dalam
memecahkan masalah aritmatika sosial di kelas VII yang ditinjau dari perbedaan gender.
Kemampuan metakognisi pada penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan (planning),
pemantauan (monitoring), dan evaluasi (Evaluation). Jenis penelitian ini adalah penelitian
deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah dua siswa yang diambil dari kelas VII F di SMP
Muhammadiyah 5 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan
pada penelitian ini yaitu teknik wawancara, tes, dokumentasi, dan observasi. Keabsahan data
menggunakan triangulasi metode, sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
kemampuan metakognisi belum digunakan dengan baik oleh siswa laki-laki. Siswa belum
memenuhi tiga tahapan metakognisi. siswa hanya memenuhi tahap perencanaan. Sedangkan siswa
perempuan telah menggunakan kemampuan metakognisinya dengan baik dalam memecahkan
maasalah. Hal ini dikarenakan siswa perempuan sudah memenuhi tiga tahap kemampuan
metakognisi,