dc.identifier.citation | Agustini, N. M. Y. A., & Sudhana, H. (2014). Pengaruh Pemberian Aromaterapi Terhadap Konsentrasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar dalam Mengerjakan Soal Ulangan Umum. Jurnal Psikologi Udayana, 1(2), 271-278. Alastuey, M. C. B., & Agullo, G. L. (2015). Explicit Instruction and Implicit Use Of L2 Learning Strategies in Higher Secondary EFL Course Books. International Journal of English Studies, 15(2), 17-39. Arifin, L. A., & Prihanto, J. B. (2015). Hubungan Sarapan Pagi Dengan Konsentrasi Siswa di Sekolah. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Diakses pada 20 Desember 2016, dari http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikanjasmani/issue/archive. Aviana, R., & Hidayah, F. F. (2015). Pengaruh Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa terhadap Daya Pemahaman pada Pembelajaran Kimia di SMA Negeri 2 Batang. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 3(1), 30-33. Diantini., Fadiawati, N., & Rudibyani, R. B. (2015). Efektivitas Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Generating Materi Elektrolit dan Non-elektrolit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4(2), 391-402. Elfachmi, A. K. (2016). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Erlangga Hardini, I., & Puspitasari, D. (2012). Strategi Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: Familia. Kemendikbud. (2016). Hasil Survei PISA Peningkatan Capaian Indonesia termasuk Empat Besar. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Badan Penelitian dan Pengembangan. Diakses pada 20 Desember 2016, dari http:// kemdikbud.go.id go.id. ___________. (2015). Mendikbud Rata-Rata Ujian Nasional Naik 0,3 Poin. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Badan Penelitian dan Pengembangan. Diakses pada 20 Desember 2016, dari http:// kemdikbud.go.id go.id. Khaiyali, A. T. S. A. (2014). ESL Elementary Teachers’ Use of Children’s Picture Books to Initiate Explicit Instruction of Reading Comprehension Strategies. Canadian Center of Science and Education,7(2), 90-102. | in_ID |
dc.description.abstract | Pendidikan memiliki peran sentral dalam membangun dan memajukan suatu bangsa.
Pelaksanaan pendidikan seharusnya mengarahkan siswa menjadi pribadi yang fokus dalam
mengembangkan potensi diri. Matematika membutuhkan konsentrasi yang optimal dalam proses
pembelajaran, sehingga dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dipahami oleh siswa.
Strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru harus bervariasi, sehingga menarik dalam
proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis: (1)
Menguji pengaruh strategi pembelajaran explicit instruction dan discovery learning terhadap
hasil belajar matematika; (2) Menguji pengaruh konsentrasi belajar terhadap hasil belajar
matematika; (3) Menguji interaksi strategi pembelajaran explicit instruction dan discovery
learning dengan konsentrasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Penelitian dilaksanakan
pada siswa kelas VII Semester Ganjil Tahun ajaran 2016/2017 SMP Batik Surakarta dengan
populasi seluruh siswa kelas VII sejumlah 302. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif
dengan desain penelitian eksperimental semu (quasi experimental research). Kelas yang menjadi
sampel pada penelitian ini diambil dengan metode cluster random sampling. Metode
pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan
analisis variansi dua jalur dengan sel tak sama. Hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5%
diperoleh: (1) Ada pengaruh antara strategi pembelajaran explicit instruction dan discovery
learning terhadap hasil belajar matematika siswa, (2) Ada pengaruh tingkat konsentrasi belajar
terhadap hasil belajar matematika siswa, (3) Tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran
explicit instruction dan discovery learning ditinjau dari konsentrasi belajar terhadap hasil belajar
matematika. | in_ID |