dc.contributor.author | Sumargiyani, S. | |
dc.contributor.author | Hibatallah, Muhammad Iqna | |
dc.date.accessioned | 2017-06-21T01:42:54Z | |
dc.date.available | 2017-06-21T01:42:54Z | |
dc.date.issued | 2017-03-18 | |
dc.identifier.citation | Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar.Jakarta:Rieneka Cipta Dewanti. (2013). Analisis Miskonsepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Pada Matakuliah Kalkulus I Ditinjau Dari Gaya Belajar. Analisis Miskonsepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Pada Matakuliah Kalkulus I Ditinjau Dari Gaya Belajar. Hardiyanti, A. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Kelas IX SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Barisan Dan Deret. Jamaris, M. (2009). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Jakarta: Yayasan Penamas Murni.Assidiqi, H. (2015). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Mahasiwa Dalam Pemecahan Masalah Persamaan Diferensial Melalui Model Search, Solve, Create and Share (SSCS) Berbantuan Software Matlab Tahun Akademik 2014/2015. MUTAKIN, T. Z. (2015). ANALISIS KESULITAN BELAJAR KALKULUS 1 MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1). Oktavia, A. (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Persamaan Differensial Tingkat Satu (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). | in_ID |
dc.identifier.issn | 2502-6526 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/8839 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis kesulitan dan faktor penyebab kesulitan
mahasiswa dalam menyelesaikan Persamaan Diferensial materi PD linier order n. Jenis
penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester lima
program studi Pendidikan Matematika FKIP UAD yang berjumlah 5 orang. Metode pengumpulan
data adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tiga aktivitas, yaitu
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan
mahasiswa mengalami kesulitan pemahaman dan penerapan konsep yang terdiri : (1) Mahasiswa
bingung rumus yang akan dipergunakan, (2) Mahasiswa kesulitan mencari akar karakteristik, (3)
Mahasiswa salah dalam melakukan pembagian, (4) Mahasiswa kurang teliti dalam melakukan
perhitungan,(5) Mahasiswa bingung langkah-langkah yang harus dilakukan. Faktor penyebab
mahasiswa mengalami kesulitan : (1) Kurangnya penguasaan materi, (2) Kurangnya latihan
mengerjakan soal-soal, (3) Motivasi belajar yang kurang, dan (4) Kesulitan dalam materi
prasyarat. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | Kesulitan | in_ID |
dc.subject | Persamaan Diferensial | in_ID |
dc.subject | Mahasiswa | in_ID |
dc.title | Analisi Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Diferensial | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |