Show simple item record

dc.contributor.authorNingsih, Maya Kristina
dc.contributor.authorSujadi, Imam
dc.contributor.authorSubanti, Sri
dc.date.accessioned2017-06-21T01:46:30Z
dc.date.available2017-06-21T01:46:30Z
dc.date.issued2017-03-18
dc.identifier.citationKomarudin. (2014). Proses Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Pengajuan Masalah Matematika ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Tesis Surakarta: Pascasarjana UNS. Tidak dipublikasikan. Leung, Shukkwan S. (1997). “On the Role of Creative Thinking in Problem Posing”. http://www.fiz.karlsruhe.de/fiz/publications/zdm ZDM Volum 29 (June 1997) Number 3. Electronic Edition ISSN 1615679X Munandar, U. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta. Pehkonen, E. (1997). The State-of-Art in Mathematical Creativity. Dalam Zentralblatt für Didaktik der Mathematik (ZDM)–The International Journal on Mathematics Education. [Online]. Vol 97(3), 63 – 67. Tersedia: http://www.emis.de/journals/ ZDM/zdm973a1. pdf. [10 Maret 2016]. Silver, E. A. (1997). Fostering Creativity through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Problem Posing. Dalam Zentralblatt für Didaktik der Mathematik (ZDM)–The International Journal on Mathematics Education. [Online]. Vol 97(3), 75 – 80. Tersedia: http://www.emis.de/journals/ZDM/zdm973a3.pdf. [10 Maret 2016]. Siswono, Tatag Y.E. (1999). Metode pemberian Tugas Pengajuan Soal (Problem Posing) dalam Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Perbandingan di MTs Negeri Rungkut Surabaya. Tesis. Surabaya: Pascasarjana IKIP Surabaya. Tidak dipublikasikan. Siswono, Tatag Y.E. (2007). Penjenjangan Kemampuan Berpikir kreatif dan Identifikasi Tahap Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan dan Mengajukan Masalah Matematika. Disertasi. Surabaya: Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Tidak dipublikasikan. Uno, Hamzah B. 2016. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.in_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8840
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir kreatif siswa kelas XI AP-4 SMK Negeri 2 Madiun yang mempunyai motivasi belajar tinggi dan sedang dalam pengajuan masalah matematika. Pengambilan subjek penelitian dilakukan secara purposive sampling. Berdasarkan skor akhir angket motivasi belajar siswa diambil tiga siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, dan tiga siswa yang memiliki motivasi belajar sedang. Selanjutnya subjek terpilih diberikan tes pengajuan masalah matematika (TPMM) untuk mengetahui proses berpikir kreatif siswa dalam mengajukan masalah matematika. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini digunakan triangulasi waktu. Teknik analisis data dalam penelitian ini diawali dengan melakukan pengumpulan data dari TPMM dan wawancara dengan subjek penelitian kemudian menyusun deskripsi pengajuan masalah matematika siswa dalam bentuk uraian singkat. Hasil dari penelitian ini adalah: siswa dengan motivasi belajar tinggi mampu mengajukan masalah hanya dengan membaca sekali petunjuk dan informasi yang diberikan. Kemudian menuliskan masalah tersebut pada lembar jawab dan menjelaskan prosedur penyelesaian masalah yang diajukan serta menyelesaikan pemecahan masalah tersebut. Siswa dengan motivasi belajar sedang perlu membaca kembali petunjuk dan informasi yang diberikan supaya dapat mengajukan masalah. . Siswa terlihat kurang tenang dan dalam menuliskan masalah yang diajukan beberapa kali terdiam. Kemudian menjelaskan prosedur penyelesaian masalah dan menyelesaian pemecahan masalah tersebut pada lembar jawab.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectberpikir kreatifin_ID
dc.subjectmotivasi belajarin_ID
dc.subjectpengajuan masalahin_ID
dc.titleProses Berpikir Kreatif Dalam Pengajuan Masalah Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas XI-AP4 SMK Negeri 2 Madiun Tahun Pelajaran 2016/2017in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record