Show simple item record

dc.contributor.authorAztry, Aisiyah
dc.date.accessioned2017-07-18T03:48:46Z
dc.date.available2017-07-18T03:48:46Z
dc.date.issued2017-04-04
dc.identifier.citationDirektorat Pendidikan Masyarakat. 2006. Pedoman Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Jakarta: Direktorat Pendidikan Masyarakat, Direktorat Pendidikan Luar Sekolah, Departemen Pendidikan Nasional. Ibrahim, Gufron Ali. 2016. Gerakan Literasi Bangsa untuk Membentuk Budaya Literasi. http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/berita/1891/Gerakan%20Literasi%20 Bangsa%20untuk%20Membentuk%20Budaya%20Literasi (diakses pada 23 Desember 2016). Ismail, Taufiq. 2009. “Dari Pasar Djohar ke Djalan Kedjaksaan”. Makalah. Seminar Nasional Pengembangan Model Pembelajaran Sastra yang Komunikatif dan Kreatif di Universitas Negeri Semarang. Semarang, 7 Juni. Munif, Chatib. 2010. Gurunya Manusia. Bandung: Kaifa Learning. Munif, Chatib. 2010. Gurunya Manusia. Bandung: Kaifa Learning. Nugraha. 2013. Rumah Baca Jendela Dunia, Sebuah Model Perpustakaan Panti Asuhan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa. Volume 3 No.2. Hal. 56-58. Zaimah. Efektivitas Rumah Baca di Kecamatan Pontianak Barat Kota Pontianak. Jurnal S-1Ilmu Administrasi Negara. Volume 4 No.3. Hal. 1-7in_ID
dc.identifier.issn2549-5607
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8900
dc.description.abstractBudaya literasi dalam masyarakat Indonesia dapat dikatakan rendah. Informasi terakhir, budaya literasi masyarakat Indonesia berada pada posisi 64 dari 65 negara. Peran menumbuhkembangkan budaya literasi tidak hanya dilakukan oleh pihak sekolah, tetapi dapat dilakukan oleh masyarakat. Rumah Baca mulai dibangun oleh dana institusi, sumbangan perusahaan, organisasi keagamaan, sampai dana masyarakat itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan beberapa upaya dalam menumbuhkembangkan budaya literasi melalui Rumah Baca Taqwa. Penelitian ini dilakukan di Rumah Baca Taqwa, Kecamatan Medan Helvetia Kota Medan Sumatera Utara. Metode yang digunakan adalah studi deskriptif kualitatif. Wawancara dan observasi digunakan sebagai alat pengumpul data. Sesuai dengan metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan, dapat disimpulkan bahwa Rumah Baca Taqwa mengundang secara berkala sekolah-sekolah muhammadiyah di Kota Medan, bersinergi dengan pimpinan ranting muhammadiyah, dan bekerja sama dengan orang tua.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherMuhammadiyah University Pressin_ID
dc.subjectbudaya literasiin_ID
dc.subjectrumah bacain_ID
dc.titleUpaya Menumbuhkembangkan Budaya Literasi melalui Rumah Baca Taqwain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record