Show simple item record

dc.contributor.authorShohibah, Rizqiyatus
dc.date.accessioned2017-07-18T04:00:33Z
dc.date.available2017-07-18T04:00:33Z
dc.date.issued2017-04-04
dc.identifier.citationArifin, M. Teori-Teori Counseling Umum dan Agama. Jakarta: Golden Terayon Press. Maulidi, Achmad. Pengertian Literasi dan Pengembangannya, melalui <http://www.kanalinfo. web.id/2016/11/pengertian-literasi-dan-perkembangannya.html,> [4/3/ 2017] Musfiroh, Tadkiroatun. Menumbuhkembangkan Baca Tulis Anak Usia Dini. Jakarta: Grassindo, 2009. Moleog, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif (edisi revisi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2005. Moelong, Lexi J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2009. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung, Alfabeta, 2012. Sumanto, Teori dan Aplikasi Metode Penelitian. Jakarta: CAPS, 2014. Soekamto, Soejono. Sosiologi suatu pengantar. Jakarta: PT. Rajawali Grafindo Persada, 1997. Yaniawati, Poppy. dan Rully Indrawan. Metode Penelitian. Bandung: Refika Aditama, 2014. Yuniati, Siska. Peran Orang Tua Terhadap Literasi Anak, melalui <http://www.abasrin. com/2016/06/peran-orang-tua-terhadap-literasi-anak.html> [28/1/2017].in_ID
dc.identifier.issn2549-5607
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8905
dc.description.abstractPemerintah telah mencanangkan Gerakan Literasi Sekolah. Salah satu program yang diagendakan adalah siswa diwajibkan membaca buku nonpelajaran 15 menit sebelum kegiatan belajar mengajar, dengan demikian diharapkan siswa senang membaca sehingga budaya literasi terwujud. Namun, menanamkan budaya literasi kepada siswa, yang notabene anak-anak tidaklah gampang. Selain sekolah juga diperlukan peran orang tua untuk membentuk budaya literasi anak. Jadi, sebenarnya salah satu kunci gemar baca dan tulis juga tergantung peran aktif orang tua. Karena Orang tua adalah pemegang tombak terpenting untuk memberikan stimulasi-stimulasi yang penting bagi perkembangan literasi anak dan orang tua juga sebagai sosok yang paling dekat dengan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orangtua dalam perkembangan literasi pada anak usia sekolah dasar. Dalam penelitian ini peran orangtua dilihat dari penyediaan fasilitas, kualitas interaksi yang dilakukan dan kebiasaan orangtua/keluarga. Jadi, untuk mengembangkan budaya literasi pada anak usia sekolah dasar sangatlah di perlukan pembelajaran yang tidak monoton seperti penyediaan fasilitas yang bervariasi, menarik yang dapat digunakan untuk bermain dan merangsang minat serta keterampilan literasi anak. Selain itu, kesadaran orangtua dalam mengajarkan literasi sejak dini dan kepekaan orangtua dalam menangkap ketertarikan/ ketidaktertarikan anak dalam proses pembalajaran merupakan hal yang penting sebagai bekal orangtua dalam mengajarkan literasi.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherMuhammadiyah University Pressin_ID
dc.subjectPeran Orang tuain_ID
dc.subjectMengembangkan budaya literasiin_ID
dc.subjectanak usia sekolah dasarin_ID
dc.titlePeran Orang Tua dalam Mengembangkan Budaya Literasi pada Anak Usia Sekolah Dasarin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record