dc.contributor.author | Jati, Raditya Setya | |
dc.contributor.author | Agung, Leo | |
dc.contributor.author | Joebagio, Hermanu | |
dc.date.accessioned | 2017-07-18T04:02:32Z | |
dc.date.available | 2017-07-18T04:02:32Z | |
dc.date.issued | 2017-04-04 | |
dc.identifier.citation | Agung, L. S. & Wahyuni, S. (2013). Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Ombak: Yogyakarta. Emy Wuryani, Wahyu Purwiyastuti, Fahmi, & Fahmi Prihantoro. (2012). Pengelolaan Obyek Wisata Kawasan Candi Berbasis Kearifan Lokal. Widya Sari Press, Vol 14 No. 3 September 2012. Emy Wuryani & Wahyu Purwiyastuti. (2012). Mengungkap Kearifan Lokal Masyarakat Ceto. Widya Sari Press, Vol 14 No. 2 Mei 2012. Emy Wuryani & Wahyu Purwiyastuti. (2012). Penyususnan Blue Print Model Pengembangan Ekowisata Berbasis Potensi Komunitas Perdusunan. Widya Sari Press, Vol 14 No. 3 September 2012. Moloeng, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kulitatif (Edisi Revisi). Rosda: Bandung. Sugiyono. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta: Bandung. _________.(2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung. Suparno, Paul. (2015). Pendidikan Karakter Di Sekolah. PT Kanisius: Yogyakarta. Tim Penulis. Tanpa Tahun. Sejarah Dusun Ceto. Progdi Pendidikan Sejarah UKSW: Salatiga. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2549-5607 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/8906 | |
dc.description.abstract | Pendidikan merupakan aspek yang digunakan untuk mengembangkan kepribadian dari peserta
didik, yang terdiri dari pengetahuan, nilai, sikap, dan ketrampilan. Perkembangan yang terjadi
tidak terlepas dari karakter peserta didik. Karakter setiap peserta didik sangatlah beragam,
bermunculan dari latar belakang yang dimiliki oleh peserta didik tersebut. Peneliti menggunakan
metode kualitatif. Peneliti memfokuskan pada kejadian ataupun aktivitas yang dilakukan
oleh peserta Character Camp. SMA Nas Plus BPK Penabur Sentul City – Bogor saat melakukan
Character Camp Grade X T.P. 2016/2017 di kawasan Cadi Ceto memfokuskan pada karakter
dan kearifan lokal di kawasan tersebut. Aktivitas yang dilakukan selama empat hari tiga malam,
menginap di rumah penduduk dengan kondisi sederhana. Peserta didik dituntut mengenal, ikut
melakukan, serta melakukan evaluasi bersama dengan berbagai macam aktifitas yang dilakukan
oleh warga masyarakat di kawasan tersebut. Hasil yang dapat dilihat dari pembelajaran ini adalah
peserta didik kedapatan memiliki perubahan dari sikap dan tingakah laku selama di kawasan
tersebut serta memiliki kakrakter yang semakin kuat saat kembali di sekolah. Karakter yang kuat
tersebut terlihat dari aktivitas atau proses belajar dan mengajar di sekolah. Walapaun belum nampak
secara keseluruhan bagi setiap peserta didik yang mengikuti Character Camp Grade X T.P.
2016/2017 di kawasan Cadi Ceto. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Muhammadiyah University Press | in_ID |
dc.subject | Pembelajaran Sejarah | in_ID |
dc.subject | pendidikan Karakter | in_ID |
dc.subject | Kawasan Candi Ceto | in_ID |
dc.subject | Character Camp | in_ID |
dc.title | Pembelajaran Sejarah Menggunakan Pendidikan Karakter di Kawasan Candi Ceto | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |