Show simple item record

dc.contributor.authorAnggraini, Nurian
dc.contributor.authorSalim, Abdul
dc.contributor.authorHimawanto, Dwi Aries
dc.date.accessioned2017-07-18T07:04:25Z
dc.date.available2017-07-18T07:04:25Z
dc.date.issued2017-04-04
dc.identifier.citationChoiri, A.S & Yusuf, M. (2009). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Secara Inklusif. Surakarta, Yuma Pustaka. Creswell, J. W. (2008) Educational Research. Planing, Conducting, and. Evaluating Qualitative & Quantitative Approaches. London. Sage. Effendi, M. (2006). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta. Bumi Aksara. Herdiansyah, H. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta. Salemba Humanika. Kemis, S. dan Rosnawati, A. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita. Jakarta. Luxima. Wijaya, A. (2013). Teknik Mengajar Siswa Tunagrahita. Yogyakarta. Imperium.in_ID
dc.identifier.issn2549-5607
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8920
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskriskripsikan tantangan dalam mengajarkan pelajaran agama Islam bagi siswa tunagrahita di SLB Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan fokus penelitian berupa kesulitan yang sering dialami guru ketika mengajarkan pelajaran agama Islam bagi siswa tunagrahita, dan cara guru untuk mengatasi hal tersebut. Subyek penelitian yakni guru agama Islam tingkat dasar di masing-masing sekolah. Pengambilan sampel sebagai subyek penelitian menggunakan teknik non-probability sampling tipe purposeful sampling. Peneliti melakukan wawancara semi terstruktur kepada subyek penelitian dan observasi langsung keberlangsungan kegiatan pembelajaran agama Islam. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Kesimpulan disajikan dalam bentuk teks naratif berupa catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mengalami kesulitan dalam mengajarkan materi yang bersifat abstrak, hafalan, dan pengenalan huruf hijaiyah. Oleh karena itu guru harus mengkolaborasikan beberapa model, metode, dan media pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran. Hal ini dilakukan agar tujuan pembelajaran bisa dicapai dengan maksimal.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherMuhammadiyah University Pressin_ID
dc.subjectTantanganin_ID
dc.subjectPelajaran agama Islamin_ID
dc.subjectSiswa tunagrahitain_ID
dc.titleTantangan dalam Mengajarkan Pelajaran Agama Islam bagi Siswa Tunagrahitain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record