dc.identifier.citation | Ahmad, Zaheer. 2010. Effects of Cooperative Learning vs Traditional Intruction on prospective Teachers Learning Experience and Achievement. Dalam Jurnal Internasional Pakistan. Asmani, Pukulal Mak’mur.2011. Penelitian Tindakan Kelas.Jogjakarta:Laksana. Arikunto, Suharsimi, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta:Pt Bumi. Darma, Kadek Satya. 2016. e-jurnal pendidikan Vol.4,No 1. Penerapan pembelajaran Think Talk Write berbantu media pembelajaran kongret untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Depdikbud.1994.Petunjuk Pelaksanaan Belajar Mengajar. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Gillies, Robyn.M dkk. 2007. Teachers’ reflections on cooperative learning: Issues of implementation. J o u r n a l of Australia. Hamalik, Oemar. 2010. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru zAlgensindo. Haryoko, Sapto. 2009. Efektifitas pemanfaatan media audio visual sebagai alternatif optimalisasi model pembelajaran. jurnal edukasi@elektronik Vol.5.No.1. Maret 2009. Isjoni. 2013. Cooperative Learrning: Efektifitas Pembelajaran Kelompok.Bandung: Alfabeta. Karrie A. Jones and Jennifer L. Jones.2010. Making Cooperative Learning Work in the College Classroom: An Application of the ‘Five Pillars’ of Cooperative Learning to Post Secondary Instruction. Dalam Jurnal Internasional New York Niagara University. Kochhar,S.K. 2008. Pembelajaran Sejarah. Jakarta: Grasindo.Alfabeta. Lie, Anita. 2008. Cooveratif Learning, Jakarta: Grasindo. Maulidah, Nova.dkk.2013. Think-Talk-Write (TTW) Strategy for Teaching Descriptive Writing. Dalam Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Sidoarjo, Vol. 1, No. 1, April 2013. Magdalia, Alfian.2011. Jurnal Ilmiah pendidikan Vol.III.No.2.Maret. Pendidikan Sejarah dan permasalahan yang dihadapi. Sadiman, Arief.2012. Media Pendidikan: Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Sanjaya, Wina.2006. Setrategi Pembelajaran: Berorentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Premada Media Group. Sardiman, A. M. 2004. Interaksi dan motivasi belajar-mengajar. Jakarta: Rajawali. Shoimin,Aris.2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Penerbit Ar.Ruzz media. Sorijana, Agus.2009. Cooperatif Learning: Teori dan Aplikasi paikem.Yogyakarta: Pustaka pelajar. Trinto. 2010. Mendisain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, landasan dan implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Jakarta: Kencana. Yamin dan Ansori.2009. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individualis siswa. Jakarta: Gaung Persada Press. | in_ID |
dc.description.abstract | Tujuan utama dari peneltian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa
terhadap pembelajaran sejarah yang ada di SMA Negeri Jumapolo khususnya kelas XI IPS 3
dengan mengunakan model kooperatif tipe Think Talk Write yang dipadukan dengan pengunaan
media audio visual yang bertemakan Candi Sukuh. Metode penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (Classroom Action Research) terdiri dari tiga siklus dengan tahapan perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas XI IPS 3 SMA Negeri
Jumapolo dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes,
observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik
analisis deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian pada aspek minat belajarnya
diperoleh hasil secara keseluruhan pada minat siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 3.17
kemudian sempat turun pada siklus II dengan perolehan 3.11 akibat dari kuarang kondusifnya
kegiatan pembelajaran, akan tetapi pada siklus III peneliti dan siswa sudah mulai tertata dan
terkendali sehingga mengalami peningkatan sebesar 3.33. Sedangkan pada hasil belajar di
peroleh hasil ketuntasan pada siklus I sebesar 38.89%, siklus II 72.22% dan pada siklus III
sebesar 88.89% jadi secara keseluruhan mengalami peningkatan. Maka dapat disimpulkan bahwa
penelitian dengan mengunakan Think Talk Write bermediakan Audio Visual candi Sukuh dapat
meningkatkan Minat dah hasil belajar siswa kelas XI IPS 3 Sma Negeri Jumapolo. | in_ID |