Show simple item record

dc.contributor.authorSetiaji, Aris Hiawan
dc.date.accessioned2017-07-18T08:00:51Z
dc.date.available2017-07-18T08:00:51Z
dc.date.issued2017-04-04
dc.identifier.citationAhmad, Zaheer. 2010. Effects of Cooperative Learning vs Traditional Intruction on prospective Teachers Learning Experience and Achievement. Dalam Jurnal Internasional Pakistan. Asmani, Pukulal Mak’mur.2011. Penelitian Tindakan Kelas.Jogjakarta:Laksana. Arikunto, Suharsimi, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta:Pt Bumi. Darma, Kadek Satya. 2016. e-jurnal pendidikan Vol.4,No 1. Penerapan pembelajaran Think Talk Write berbantu media pembelajaran kongret untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Depdikbud.1994.Petunjuk Pelaksanaan Belajar Mengajar. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Gillies, Robyn.M dkk. 2007. Teachers’ reflections on cooperative learning: Issues of implementation. J o u r n a l of Australia. Hamalik, Oemar. 2010. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru zAlgensindo. Haryoko, Sapto. 2009. Efektifitas pemanfaatan media audio visual sebagai alternatif optimalisasi model pembelajaran. jurnal edukasi@elektronik Vol.5.No.1. Maret 2009. Isjoni. 2013. Cooperative Learrning: Efektifitas Pembelajaran Kelompok.Bandung: Alfabeta. Karrie A. Jones and Jennifer L. Jones.2010. Making Cooperative Learning Work in the College Classroom: An Application of the ‘Five Pillars’ of Cooperative Learning to Post Secondary Instruction. Dalam Jurnal Internasional New York Niagara University. Kochhar,S.K. 2008. Pembelajaran Sejarah. Jakarta: Grasindo.Alfabeta. Lie, Anita. 2008. Cooveratif Learning, Jakarta: Grasindo. Maulidah, Nova.dkk.2013. Think-Talk-Write (TTW) Strategy for Teaching Descriptive Writing. Dalam Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Sidoarjo, Vol. 1, No. 1, April 2013. Magdalia, Alfian.2011. Jurnal Ilmiah pendidikan Vol.III.No.2.Maret. Pendidikan Sejarah dan permasalahan yang dihadapi. Sadiman, Arief.2012. Media Pendidikan: Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Sanjaya, Wina.2006. Setrategi Pembelajaran: Berorentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Premada Media Group. Sardiman, A. M. 2004. Interaksi dan motivasi belajar-mengajar. Jakarta: Rajawali. Shoimin,Aris.2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Penerbit Ar.Ruzz media. Sorijana, Agus.2009. Cooperatif Learning: Teori dan Aplikasi paikem.Yogyakarta: Pustaka pelajar. Trinto. 2010. Mendisain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, landasan dan implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Jakarta: Kencana. Yamin dan Ansori.2009. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individualis siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.in_ID
dc.identifier.issn2549-5607
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8928
dc.description.abstractTujuan utama dari peneltian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran sejarah yang ada di SMA Negeri Jumapolo khususnya kelas XI IPS 3 dengan mengunakan model kooperatif tipe Think Talk Write yang dipadukan dengan pengunaan media audio visual yang bertemakan Candi Sukuh. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) terdiri dari tiga siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas XI IPS 3 SMA Negeri Jumapolo dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian pada aspek minat belajarnya diperoleh hasil secara keseluruhan pada minat siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 3.17 kemudian sempat turun pada siklus II dengan perolehan 3.11 akibat dari kuarang kondusifnya kegiatan pembelajaran, akan tetapi pada siklus III peneliti dan siswa sudah mulai tertata dan terkendali sehingga mengalami peningkatan sebesar 3.33. Sedangkan pada hasil belajar di peroleh hasil ketuntasan pada siklus I sebesar 38.89%, siklus II 72.22% dan pada siklus III sebesar 88.89% jadi secara keseluruhan mengalami peningkatan. Maka dapat disimpulkan bahwa penelitian dengan mengunakan Think Talk Write bermediakan Audio Visual candi Sukuh dapat meningkatkan Minat dah hasil belajar siswa kelas XI IPS 3 Sma Negeri Jumapolo.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherMuhammadiyah University Pressin_ID
dc.subjectKooperatif learning Think Talk Writein_ID
dc.subjectCandi sukuhin_ID
dc.subjectMinat dan hasil belajarin_ID
dc.titleImplementasi Model Pembelajaran Think Talk Write dengan Media Audio Visual Cagar Budaya Candi Sukuh untuk Meningkatkan Minat, Hasil Belajar Siswa SMAin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record