Kemampuan Bahasa pada Anak Penutur Bilingual dalam Memaknai Sebuah Buku Bergambar
dc.contributor.author | Bastiar, Islamiah | |
dc.contributor.author | Kusumawati, Riska | |
dc.date.accessioned | 2017-07-19T02:54:00Z | |
dc.date.available | 2017-07-19T02:54:00Z | |
dc.date.issued | 2017-04-04 | |
dc.identifier.citation | Chaer, A. dan Agustina, L. 2004. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta. Gass, M. S. Dan Selinker, L. 2008. Second Language Acquisition: An Introductory Course (Third edition). New York: Routledge. Lado, R. 1957. Linguitics Across Cultures: Applied Linguistics for Language Teachers. Ann Arbor: University of Michigan Press.Nida, E. A. 1957. Learning a Foreign Language. Michigan, Ann Arbor: Cushing-Molley, Inc. Parera, Jos Daniel. 1993. Linguistik edukasional: Metodologi Pembelajaran Bahasa, Analisis Kontrastif Antarbahasa, Analisis Kesalahan Berbahasa. Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga. Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2549-5607 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/8934 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan membandingkan bahasa mana yang lebih kuat yang dikuasai bahasa pada anak penuturbilingual dalam bahasa Jawa (B1) dengan bahasa Indonesia (B2) menggunakan pendekatan analisis kontrastif. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik penggalian data yang digunakan ialah teknik simak bebas libat cakap sedangkan teknik analisis data ialah analisis rekam dan catat. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pada B1 maupun B2 ditemukan kekeliriuan yang dilakukan oleh informan masing-masing pada aspek gramatikal dan leksikal. Berdasarkan penelitian kemampuan bahasa pada anak penutur bilingual adalah B1 lebih kuat atau lebih dikuasai oleh informan jika dibandingkan dengan B2. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Muhammadiyah University Press | in_ID |
dc.subject | analisisi kontrastif | in_ID |
dc.subject | gramatika | in_ID |
dc.subject | leksikal | in_ID |
dc.subject | bahasa Jawa | in_ID |
dc.subject | bahasa Indonesia | in_ID |
dc.title | Kemampuan Bahasa pada Anak Penutur Bilingual dalam Memaknai Sebuah Buku Bergambar | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Proceeding of The 1st ICoLLiT
Revitalizing Literacy Culture