• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Proceeding ICoLLiT (International Conference on Language, Literature and Teaching)
    • Proceeding of The 1st ICoLLiT
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Proceeding ICoLLiT (International Conference on Language, Literature and Teaching)
    • Proceeding of The 1st ICoLLiT
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Bahan Ajar Berpikir Kritis melalui Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah Kelas XI SMA/Sederajat

    Thumbnail
    View/Open
    i43.pdf (855.4Kb)
    Date
    2017-04-04
    Author
    Zakiyah, Millatuz
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan penting dalam kelangsungan keseharian siswa. Berpikir kritis dapat dikembangkan melalui pembelajaran bahasa dalam menulis karya ilmiah. Kemampuan ini belum dikembangkan dan kemampuan siswa dalam berpikir kritis masih rendah. Oleh karena itu, bahan ajar berpikir kritis melalui menulis karya ilmiah ini perlu dikembangkan. Prosedur penelitian ini adalah analisis pendahuluan, analisis kurikulum, analisis karakteristik siswa, penulisan dan penyusunan bahan ajar, pengujian produk, revisi, dan produk akhir. Data dalam penelitian ini berupa data verbal dan nonverbal yang dianalisis dengan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Subjek coba penelitian ini adalah ahli penulisan bahan ajar, ahli pembelajaran menulis karya ilmiah, guru, dan siswa. Produk yang dikembangkan berupa bahan ajar. Komponen berpikir kritis meliputi aplikasi, analisis, inferensi, evaluasi, dan sintesis. Sajian dan analisis data pada penelitian ini dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu (1) penyempurnaan produk, (2) kemenarikan produk, dan (3) efektivitas produk. Hasil pengembangan dan penelitian dapat disimpulkan bahwa pada penyempurnaan produk diperoleh data bahwa bahan ajar ini termasuk kategori sangat valid. Pada kemenarikan bahan ajar diperoleh data bahwa bahan ajar ini cukup menarik. Pada efektivitas produk diperoleh data bahwa bahan ajar ini efektif digunakan. Berdasarkan hasil uji coba dilakukan revisi terhadap isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikaan bahan ajar.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8941
    Collections
    • Proceeding of The 1st ICoLLiT

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV