dc.identifier.citation | SUHUF, Vol. 19, No. 1, Mei 2007: 48 - 59 58 Abu Umar Basyir Al-Maidani (trans.). Metode Pengobatan Nabi SAW. Jakarta: Griya Ilmu, 2005. Bambang Trim dan Deny Riana (ed.). The True Power of Water Hikmah Air dalam Olahjiwa. Bandung: MQ Publishing, 2006. Bishri, Hasan. 53 Penjelasan Lengkap tentang Ruqyah Terapi Gangguan Sihir dan Jin Sesuai Syariat Islam. Jakarta: Ghaib Pustaka, 2005. Damarhuda dan Imawan Mashuri. Zikir Penyembuhan ala Ustadz Haryono. Malang: Pustaka Zikir, 2005. Hawari, Dadang. Do’a dan Dzikir Sebagai Pelengkap Terapi Medis. Jakarta: PT Dana Bhakti Primayasa, 1997. _______________. Dimensi Religi dalam Praktek Psikiatri dan Psikologi. Jakarta: Balai Penerbit FKUI, 2002. Hosen Arjaz Jamad dan Wasmukan (trans.). Doa-doa Penangkal Setan. Surabaya: Risalah Gusti, 1999. INTISARI, April, 2002, pp. 60-64. MAJALAH GHOIB, Edisi No.3/Tahun 1/ 1423 H/2003, p. 45. Praja, Juhaya S. Model Tasawuf menurut Syari’ah Penerapannya dalam Perawatan Korban Narkotika dan Berbagai Penyakit Rohani. Tasikmalaya: Penerbit PT Latifah Press Institut Agama Islam Latifah Mubarakiyah (IAILM) Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya, 1995. Rendra K(ed.). Metodologi Psikologi Islami. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2000. S. Agil Husin Munawar dan Abd. Rahman Umar (trans.). Sistem Kedokteran Nabi Kesehatan dan Pengobatan menurut Petunjuk Nabi Muhammad SAW. Semarang: Penerbit Dina Utama Semarang, 1994. Saputra, Arvin (trans.). Healing Beyond the Body Penyembuhan dan Penyegaran Tubuh serta Jiwa. Batam: Interaksara, 2003. Setyanto, Arif Tri. Pengaruh Dzikir terhadap Reaksi Fustrasi pada Pengguna Napza (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Islamy, Kulon Progo, Yogyakarta). Skripsi pada Jurusan Ushuluddin FAI-UMS tidak diterbitkan, 2005. Teungku Muhammad Hasbi Ashshiddieqy. Pedoman Dzikir dan Doa. Semarang: PT. Pustaka Rizki Putra, 2002. T. Hemaya (trans.). Kata-kata Yang Menyembuhkan Kekuatan Doa dan Penyembuhan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 1997. | en_US |
dc.description.abstract | Masih ada dalam masyarakat kita yang mempunyai persepsi
yang kurang benar tentang ruqyah, mereka beraganggapan bahwa
ruqyah hany digunakan untuk mengusir jin saja.Dari penelusuran
penulis, ternyata ruqyah mempunyai manfaat untuk beberapa terapi
diantaranya, untuk terapi penyakit fisik dan psikis. Secara medis
terapi ruqyah sudah diakui keefektifannya untuk mengobati penyakit
fisik maupun psikis. Terapi ruqyah yang digunakan untuk mengusir
jin keefektifannya tergantung pada keadaan terapis, pasien, dan
lingkungan dalam proses terapi. | en_US |