Analisa Kualitas Pendidikan dan Pendekatan Multidispliner Pendidikan dalam Pembangunan Wilayah Berkelanjutan di Kabupaten Wonogiri
View/ Open
Date
2017-05-22Author
Arba'a, Marhaendra Des'a
Yuniarsih, Indri
Nurfitriani, Herdana
Fathimah, Aprilia Euis
Agustin, Evana
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian dilakukan di Kabupaten Wonogiri yang mempunyai IPM
menurut Bapeda litbang pada tahun 2014 terendah se-Eks Karisidenan
Surakarta Salah satu Parameter Indeks Pembangunan Manusia (IPM)
adalah pendidikan, Pendidikan mempunyai peran penting dalam proses
peningkatan kualitas sumber daya manusia dan mengangkat orang keluar
dari kemiskinan, pendidikan memberikan kontribusi untuk
mentransformasi masyarakat dalam mewujudkan pembangunan wilayah
yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas
pendidikan di Kabupaten Wonogiri dan sebaran indikator pendidikan
melalui pendekatan multidispliner untuk pembangunan berkelanjutan.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif
dengan mendeskripsikan dan menggambarkan indikator-indikator
pendidikan dan non pendidikan kedalam suatu kesinambungan yang
menghasilkan sebuah hasil kajian dalam penelitian ini. Hasil analisa kualitas
pendidikan di Kabupaten Wonogiri dengan pendekatan multidispiliner
pada tahun 2014-2016, ditunjukkan pada indikator angka partisipasi kasar
mengalami peningkatan pada tahun 2014-2015 sebesar 27,26 %. Namun,
terjadi adanya penurunan dari tahun 2015-2016 sebesar 0,3%. Angka
partisipasi murni terdapat peningkatan pada tahun 2014-2015 sebesar 1 %,
serta terjadi penurunan dari tahun 2015-2016 sebesar 0,60%. Kemampuan
membaca dan menulis huruf latin tahun 2014 sebesar 46,41%, dan pada
tahun 2015 sebesar 47,55%. Jumlah angkatan kerja yang pada tahun 2014
dan tahun 2015 mengalami peningkatan, jumlah angkatan yang bekerja
tahun 2014 dan 2015 sebesar 516.294 jiwa dan 505.043 jiwa. Jumlah
angkatan kerja yang mencari pekerjaan pada tahun 2014 sampai tahun
2015 pun mengalami penurunan, pada tahun 2014 menunjukkan angka
18.431 jiwa dan tahun 2015 menunjukkan angka 16.015 jiwa. Simpulan
penelitian mengungkapkan bahwa mutu atau kualitas pendidikan yang
terdapat di Kabupaten Wonogiri mempengaruhi besarnya Indeks
Pembangunan Manusia (IPM) di wilayah tersebut. Nilai IPM Kabupaten
Wonogiri pada tahun 2014-2016 mengalamii peningkatan .