Analisis Penerimaan terhadap Sistem Informasi Elearning Janabadra
dc.contributor.author | Saputra, Aditya Sylvandinata | |
dc.contributor.author | Kusumawardani, Sri Suning | |
dc.contributor.author | Nugroho, Eko | |
dc.date.accessioned | 2017-07-31T03:20:30Z | |
dc.date.available | 2017-07-31T03:20:30Z | |
dc.date.issued | 2017-05-24 | |
dc.identifier.citation | [1] A. P. J. I. Indonesia, “Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia,” 2016. [2] W. Wardiana, “Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia ∗),” Univ. Komput. Indones., 2002. [3] J.-C. Pai and F.-M. Tu, “The acceptance and use of customer relationship management (CRM) systems: An empirical study of distribution service industry in Taiwan,” Expert Syst. Appl., vol. 38, no. 1, pp. 579–584, 2011. [4] M. T. Dishaw, D. M. Strong, and D. B. Bandy, “The Impact of Task- Technology Fit in Technology Acceptance and Utilization Models The Impact of Task-Technology Fit in Technology Acceptance and Utilization Models,” {Dishaw, 2004 #390}, p. Paper 416, 2004. [5] T. Zhou, Y. Lu, and B. Wang, “Integrating TTF and UTAUT to explain mobile banking user adoption,” Comput. Human Behav., vol. 26, no. 4, pp. 760–767, 2010. [6] A. S. Saputra, S. S. Kusumawardani, and E. Nugroho, “PENGEMBANGAN MODEL AWAL SISTEM EVALUASI PENERIMAAN PENGGUNA ELEARNING JANABADRA,” vol. 1, no. B3, pp. 1–6, 2017. [7] J. C. Roca, C. M. Chiu, and F. J. Martínez, “Understanding e-learning continuance intention: An extension of the Technology Acceptance Model,” Int. J. Hum. Comput. Stud., vol. 64, no. 8, pp. 683–696, 2006. [8] I. Ghozali, Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS), 2nd ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2008. [9] J. T. Roscoe, Fundamental Research Statistics for the Behavioral Sciences, 2nd ed. New York: Holt, 1975. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2580-8796 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/9101 | |
dc.description.abstract | E-learning pada Universitas Janabadra Yogyakarta dibuat untuk mempermudah mahasiswa dan dosen dalam memperoleh pengetahuan atau pembelajaran melalui internet. E-learning sendiri baru dipergunakan pada tahun 2009 hingga sekarang. Seiring berjalan waktu, elearning telah melakukan beberapa kali perubahan, terakhir mengalami perubahan pada bulan Oktober 2016. E-learning Janabadra dibuat dengan harapan dapat meningkatkan kualitas dan kompetensi dalam dunia pembelajaran. Dalam hal ini untuk mengoptimalkan e-learning Janabadra, maka perlu dilakukan penelitian penerimaan penggunaan terhadap e-learning Janabadra Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model UTAUT (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology) dengan gabungan model TTF (Task Technology Fit). Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner terhadap mahasiswa dan dosen aktif sebanyak 100 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan software SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kesesuaian tugas dan teknologi, pengaruh sosial dan kondisi fasilitas yang ada mempengaruhi tingkat penerimaan pengguna. Keberhasilan penerapan ‘e-learning Janabadra’ dipengaruhi oleh kesesuaian tugas dan teknologi sesuai dengan apa yang yang diharapkan dan dengan adanya dukungan dari pihak petinggi kampus kepada para pengguna serta tersedianya kondisi fasilitas yang ada cukup mendukung untuk menggunakan ‘e-learning Janabadra’. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Muhammadiyah University Press | in_ID |
dc.subject | e-learning | in_ID |
dc.subject | evaluasi | in_ID |
dc.subject | Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) | in_ID |
dc.title | Analisis Penerimaan terhadap Sistem Informasi Elearning Janabadra | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Seminar Nasional GEOTIK 2017
Peran Teknologi Informasi dan Geografi dalam Mewujudkan Ketangguhan Bangsa