Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Geografi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Kerjo Kabupaten Karanganyar (Materi Pokok Kearifan dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam Kompetensi Dasar Sumber Daya Alam)
View/ Open
Date
2017-05-24Author
Fitriyanto, Alwan
Muryani, Chatarina
Sarwono, S.
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran
Problem Solving, Numbered Heads Together dan Ceramah (2) hasil belajar antara model pembelajaran
Problem Solving lebih tinggi dari Numbered Heads Together dan lebih tinggi Ceramah yang memiliki
motivasi belajar tinggi. (3) hasil belajar antara model pembelajaran Problem Solving lebih rendah dari
Numbered Heads Together dan lebih rendah dari Ceramah yang memiliki motivasi belajar rendah. (4)
pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap terhadap hasil belajar
geografi (5) variasi model pembelajaran yang paling efektif dalam meningkatkan hasil belajar geografi.
Metode yang digunakan Quasi Eksperimental Research (Penelitian ekserimen semu) dengan desain
faktorial 3x2. Analisis penelitian menggunakan anava dua jalur. Teknik pengambilan data menggunakan
dokumentasi, soal dan angket. Uji hipotesis dilakukan dengan uji anava, kemudian dilakukan uji lanjut
dengan uji Tukey. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Terdapat perbedaan hasil belajar geografi pada
penerapan model Problem Solving, Numbered Heads Together dan metode Ceramah. (2) hasil belajar
antara model pembelajaran Problem Solving lebih tinggi dari Numbered Heads Together dan lebih tinggi
Ceramah yang memiliki motivasi belajar tinggi. (3) hasil belajar antara model pembelajaran Problem
Solving lebih tinggi dari Numbered Heads Together dan lebih tinggi dari Ceramah yang memiliki
motivasi belajar rendah. (4) adanya pengaruh interaksi antara model pembelajaran motivasi belajar siswa
terhadap hasil belajar geografi (5) variasi model pembelajaran Problem Solving dengan motivasi belajar
tinggi paling efektif dalam meningkatkan hasil belajar geografi.