• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional GEOTIK
    • Seminar Nasional GEOTIK 2017
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional GEOTIK
    • Seminar Nasional GEOTIK 2017
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan E-Book Berbasis Problem Based Learning GIS untuk Meningkatkan Kecakapan Berfikir Keruangan pada Siswa Kelas X SMA N 1 Sragen 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    geotik2017_42.pdf (710.2Kb)
    Date
    2017-05-24
    Author
    Istifarida, Binti
    Santoso, Sigit
    Yusup, Yasin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penulisan tesis yaitu; Mengetahui kebutuhan belajar siswa kelas X , mengetahui kelayakan e-book berbasis Problem Based Leraning-GIS yang dikembangkan ,mengetahui peningkatan kecakapan berfikir keruangan siswa kelas X SMA N 1 Sragen setelah penggunaan ebook berbasis Problem Based Leraning-GIS. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D). Tahapan R & D menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementasi, Evaluation). Desain penelitian metode pre-test – post-test. Subyek penelitian adalah kelas X IPS. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, angket dan dokumentasi sedangkan teknik analisis menggunakan uji t atau t-test. Berdasarkan analisis data, dapat disajikan hasil penelitian sebagai berikut : (1) Proses pembelajaran membutuhakan media pembelajaran yang dikemas secara kreatif dan tidak monoton pada teks, maka perlu ada tambahan video dan model pembelajaran outdoor agar siswa dapat mengenal langsung peristiwa yang terjadi di sekitarnya; (2) Hasil validasi dari tim ahli menunjukkan ratarata penilaian sebesar 73,2% dan termasuk dalam kriteria layak. Respon tanggapan siswa ujicoba menunjukkan respon positif dengan presentase dan termasuk kriteria sangat layak (3) Perhitungan efektivitas menggunakan t-test diperoleh thitung=10,244 > ttabel=1,67 berarti hipotesis penelitian (Ha) diterima yang berarti terdapat perbedaan signifikan pada kecakapan berpikir keruangan antara nilai siswa sebelum menggunakan e-book berbasis Problem Based Leraning-GIS.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9155
    Collections
    • Seminar Nasional GEOTIK 2017

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV