Pengembangan E-Book Berbasis Problem Based Learning GIS untuk Meningkatkan Kecakapan Berfikir Keruangan pada Siswa Kelas X SMA N 1 Sragen 2016/2017
View/ Open
Date
2017-05-24Author
Istifarida, Binti
Santoso, Sigit
Yusup, Yasin
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penulisan tesis yaitu; Mengetahui kebutuhan belajar siswa kelas X , mengetahui
kelayakan e-book berbasis Problem Based Leraning-GIS yang dikembangkan ,mengetahui
peningkatan kecakapan berfikir keruangan siswa kelas X SMA N 1 Sragen setelah penggunaan ebook
berbasis Problem Based Leraning-GIS. Jenis penelitian ini adalah research and
development (R&D). Tahapan R & D menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis,
Design, Development, Implementasi, Evaluation). Desain penelitian metode pre-test – post-test.
Subyek penelitian adalah kelas X IPS. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode
tes, angket dan dokumentasi sedangkan teknik analisis menggunakan uji t atau t-test. Berdasarkan
analisis data, dapat disajikan hasil penelitian sebagai berikut : (1) Proses pembelajaran
membutuhakan media pembelajaran yang dikemas secara kreatif dan tidak monoton pada teks,
maka perlu ada tambahan video dan model pembelajaran outdoor agar siswa dapat mengenal
langsung peristiwa yang terjadi di sekitarnya; (2) Hasil validasi dari tim ahli menunjukkan ratarata
penilaian sebesar 73,2% dan termasuk dalam kriteria layak. Respon tanggapan siswa ujicoba
menunjukkan respon positif dengan presentase dan termasuk kriteria sangat layak (3) Perhitungan
efektivitas menggunakan t-test diperoleh thitung=10,244 > ttabel=1,67 berarti hipotesis penelitian
(Ha) diterima yang berarti terdapat perbedaan signifikan pada kecakapan berpikir keruangan antara
nilai siswa sebelum menggunakan e-book berbasis Problem Based Leraning-GIS.