• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2017
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2017
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Proses Stimulasi Literasi Anak Prasekolah Oleh Guru

    Thumbnail
    View/Open
    Chandarani Paramitha Siwi.pdf (209.0Kb)
    Date
    2017-04-29
    Author
    Siwi, Chandarani Paramitha
    Ruhaena, Lisnawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    UNESCO menunjukkan minat membaca masyarakat Indonesia menduduki peringkat 60 dari 61 negara di dunia, menunjukkan bahwa Indonesia dalam membaca menulis masih rendah. Literasi merupakan kemampuan membaca dan menulis pada anak menjadi salah satu keterampilan keaksaraan yang dimiliki oleh anak prasekolah, guru Taman Kanak-Kanak mempersiapkan keterampilan ini untuk anak mengikuti tes Penerimaan Siswa Baru dibeberapa Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana stimulasi yang dilakukan guru dalam meningkatkan literasi anak prasekolah, untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat stimulasi literasi anak prasekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis yang datanya dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi kepada 4 guru di TK Aisyiyah 14 Danukusuman, 1 diantaranya sebagai Kepala Sekolah dan lainnya sebagai wali kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru TK tersebut melakukan stimulasi literasi untuk anak usia 4 hingga 6 tahun, stimulasi melalui alat peraga dengan menerapkan metode meniru huruf, membaca suku kata, belajar sambil bermain berupa kegiatan membuat karya menggunakan bahan cair, menari dan bernyanyi. Dari berbagai metode tersebut, metode belajar sambil bermain adalah yang sesuai sedangkan metode membaca suku kata adalah metode yang kurang sesuai bagi anak. Stimulasi literasi dilakukan secara klasikal dan individual.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9262
    Collections
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2017

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV