Show simple item record

dc.contributor.authorKusuma, Patria Jati
dc.date.accessioned2017-08-21T06:33:33Z
dc.date.available2017-08-21T06:33:33Z
dc.date.issued2017-04-29
dc.identifier.citationAkbari, B.,& Soraya,S. (2012). Effect of Assertivennes Training Methods on Self Esteem and General Self-Eficacy Female Students of Islamic Azad University, Anzali Branch. Journal of Basic and Applied Scientific Research, hal.2265-2269. Azis, A.R. (2015). Efektivitas Pelatihan Asertivitas untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa Korban Bullying. Jurnal Konseling dan Pendidikan.vol 3. No.2, hal 8-14. Jember: PT IKIP Press. Cawood, D. (1997). And Asserts That for Companies to Survive Canada: International SelfCounsel Press Ltd. Cloroso, B. (2006). Penindas, Tertindas, dan Penonton. Resep Memutus Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah Hingga SMU. Jakarta: Serambi. Fensterheim. (1980). Jangan Bilang ya Bila Anda Akan Mengatakan Tidak. Jakarta: Gunung Jati. Hamdi, I. (2016, Oktober). Diduga Korban Bullying, Siswa SD ini Kejang-kejang. Diakses 1 April 2017, dari www.m.tempo.co/read Hertinjung, W.S., Wardhani, B.R., & Susilowati. (2011). Profil Kepribadian Pelaku dan Korban Bullying. Laporan Penelitian Kolaboratif (tidak diterbitkan). Universitas Muhammadiyah Surakarta. Nurfaizal.(2013). Efektivitas Asertive Training untuk Meningkatkan Perilakauasertif Siswa. Thesis. Tidak diterbitkan. Bandung: UPI. Papler, D.J., & Craig, W. (2002). Making a Difference in Bullying. Porpitasari, D.M. (2007). Pengaruh Perilaku Asertif Terhadap Hubungan Interpersonal pada Siswa Kelas XI SMK Islam 1 Blitar. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Bandung: UPI. Prayitna, Andi. (2010). Let’s End Bullying, Memahami, Mencegah dan Mengatasi Bullying. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Rigby, K. (2002). A New Perspective on Bullying. London: Jessica Kingsley. Rini. J. (2001). Asertivitas. Http:// www.E-Psikologi.com Sejiwa. (2006). Bullying: Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta: Grasindo. Storey, J. (2008). Cultural Studies dan Kajian Budaya Pop. Yogyakarta: Jalasutra. Sullvian, K., & Clearly. (2005). Bullying in Scondary Schools. California: Corwin Press. Veenstra, R., Liendsberg, S., Winter, A.F., dkk. (2005). Bullying and Victimization in Elementary School: A Comparison of Bullies, Victims. Bully/Victims, and Uninvolved Preadolecents, Developmental Psychology. 4,4, 672-6822. Wiyani, N.A. (2012). Save Our Children From School Bullying. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Yusuf,H., Fahrudin, A. (2012). Pelaku Bullying: Asesmen Multidimensi dan Intervensi Sosial. Jurnal Psikologi Undip, vol. 11, No.2.in_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-068-6
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9285
dc.description.abstractKekerasan yang dilakukan secara berulang terhadap anak yang tidak berdaya disebut dengan bullying. Bullying bisa terjadi di sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Anak menjadi korban bullying dikarenakan tidak memiliki keberanian untuk melawan atau menghindari perilaku tersebut. Salahsatu sebab yang menjadikan seorang siswamenjadi korban bullying adalah kurang keberanian melawan atau menghindari perilaku bullying atau kurang asertif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan asertivitas untuk siswa korban bullying. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan within subject design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SD sebanyak 11 anak yang menjadi korban bullying. Alat pengumpulan data menggunakan skala asertivitas, wawancara, observasi, dan focus group interview (FGI). Hasil analisis menggunakan SPSS menunjukkan bahwa pelatihan asertivitas efektif untuk korban bullying, t= -3.965 dengan 0,003 (p<0,05). Antar Siswa yang menjadi korban bullying terjalin komunikasi dan kerjasama yang intens selama pelatihan, mereka dapat saling memberikan dukungan satu sama lain untuk menghindari, menolak tindakan bullying dari pelaku dan dapat bersama-sama untuk melaporkan kepada guru. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa pelatihan asertivitas efektif untuk meningkatkan perilaku asertif pada korban bullying.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherMuhammadiyah University Pressin_ID
dc.subjectasertivitasin_ID
dc.subjectsiswain_ID
dc.subjectkorban bullyingin_ID
dc.titlePelatihan Asertivitas Untuk Siswa Korban Bullyingin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record