dc.identifier.citation | Anam, Khoirul. 2015. Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Depdiknas. 2007. Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs). Jakarta Pusat:www.puskur.net Ikhsan, Muhammad. 2016. Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Sistem Gerak Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Wera Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat. Jurnal Inkuiri. ISSN: 2252-7893, Vol 5, No. 1, 2016 (hal 133-142). Jufri, Wahab. 2013. Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta Khatib, Mohammad dan Alizadeh, Iman. 2012. CriticalThinkingSkillsthroughLite raryandNonLiteraryTextsinEnglishClasses. International Journal of Linguistics. ISSN 1948-5425. Vol. 4, No. 4. 2012. McDaniel, S. & Green, L. 2012. Independent InteractiveInquiryBasedLearningModulesUsingAud io-VisualInstruction In Statistics. Journal of Education, (Online), 6(1): 2-18, (http://www.escholarship.org/uc/it em/322385kq). Novana, Tri. 2014. PengembanganModulInkuiriTerbi mbingBerbasisPotensiLokalPada MateritumbuhanLumut (Bryophyta) danTumbuhanPaku (Pteridophyta). Surakarta: UniverisitasSebelasMaret Surakarta. JURNAL INKUIRI. Matthew, Bakke M& Kenneth, Igharo O.2013. A Study On The Effects Of Guided Inquiry Teaching Method On Students Achievement In Logic. University of The Gambia. International Researcher Volume No.2 Issue No. 1 March. McDaniel, S. & Green, L. 2012. Independent InteractiveInquiryBasedLearningModulesUsingAud io-VisualInstruction In Statistics. Journal of Education, (Online),6(1):2-18, (http://www. escholarship.org/uc/item/322385k q), diakses 6 Maret 2013. Michael Kuboja, Joshua dan Baraka M. Ngussa (2015),Affective Learning and Cognitive Skills Improvement:Experience of Selected Schools in Arusha, Tanzania. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development April 2015, Vol. 4, No. 2 ISSN: 2226-6348. Prastowo, Andi. 2011. PanduanKreatifMembuatBahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA press Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung; Kencana Prenada Media Group. Wang, Pi-Hsia (2013). “The Learning Effectiveness Of Inquiry-Based Instruction Among Vocational High School Students”. Educational Research International . ISSN-L:23073713,ISSN: 2307-37212 Vol. 2 No.2 October 2013. Wardani, S., Nurhayati, S., &Safitri, A. 2016.The Effectiveness of the Guided Inquiry Learning Module towards Students’ Character and Concept Understanding.International Journal of Science and Research (IJSR),5 (6). (Online),(https://www.ijsr.net/arc hive/v5i6/NOV164512.pdf), Winarni.2013. PengembanganModulBerbasisInk uiriTerbimbingPadaPokokBahasa n Kalor Untuk SMA/MA Kelas X. Tesis program pascasarjana UNS 2013. | in_ID |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Modul IPA berbasis inkuiri terbimbing
dengan tema sistem gerak manusia untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan
metode trueexperimentaldesign bentukposttest-onlycontroldesign. Populasi penelitian siswa kelas VIII SMP
Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun 2015/2016. Hasil belajar IPA diukur melaluiposttest.Analisis uji yang
digunakan adalah uji-t independent samples test.hasil penelitian menunjukkan 77,61% siswa kelas
eksperimen yang memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan 76, sedangkan kelas kontrol hanya 67,38%.
Kemudian hasil uji-t Independent Samples Test menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa yang
signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai taraf siginikansinya (0,002< 0,005).
Sehingga modul IPA berbasis inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswa. Selain itu,
modul IPA juga efektif dalam meningkatkan keterampilan siswa dengan kategori sangat baik dan sikap siswa
dengan kategori sangat baik. Jadimodul IPA berbasis inkuiri terbimbing dengan tema sistem gerak manusia
efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP. | in_ID |