• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    OPTIMALISASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN SAINS MELALUI DISCOVERY LEARNING BERWAWASAN LINGKUNGAN

    Thumbnail
    View/Open
    fix prosiding SNPBS 2017 Final Akhir fix deal 23 AGUSTUS_p562-p571.pdf (197.3Kb)
    Date
    2017-05
    Author
    Herianingtyas, Nur Luthfi Rizqa
    Harmawati, Ruri Eko
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan langkah-langkah implementasi discovery learning berwawasan lingkungan pada muatan pelajaran sains; (2) Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada muatan pelajaran sains melalui implementasi discovery learning berwawasan lingkungan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian yaitu siswa kelas III sekolah dasar. Penelitian dilaksanakan dalam 3 (tiga) siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 (dua) pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)implementasi discovery learning berwawasan lingkungan dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a)Orientation; (b)Problem Statement; (c)Data Collection; (d)Data Processing; (e)Verification dan(f)Generalization, (2)Implementasi discovery learning berwawasan lingkungan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada muatan pelajaransains, terbukti hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, siklus I hasil tes mencapai 73,33% termasuk dalam kategori baik. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 86,67% termasuk dalam kategori amat baik. Pada siklus III hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa kembali mengalami meningkat hingga 93,33% dan termasuk kategori amat baik. Dengan demikian, kemampuan berpikir kreatif siswa sudah menunjukan ketercapaian pada indikator keberhasilan yang diharapkan yaitu ≥85%.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9378
    Collections
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV