• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA (KHUSUSNYA MATERI BIOLOGI) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PjBL (PROJECT BASED LEARNING) DALAM MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN “CINTAI LINGKUNGAN, AKU SELAMATKAN DUNIA”

    Thumbnail
    View/Open
    fix prosiding SNPBS 2017 Final Akhir fix deal 23 AGUSTUS_p612-p617.pdf (201.2Kb)
    Date
    2017-05
    Author
    Agustina, Ria Rista
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kurikulum 2013 yang sedang diimplementasikan di sekolah–sekolah menuntut agar dalam pembelajaran terjadi aktivitas aktif dimana nantinya siswa mampu menyelesaikan permasalahan yang bersifat kontekstual dan nyata. Namun, permasalahan yang terjadi saat ini selama proses pembelajaran, siswa kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir, selain itu perubahan materi dalam pembelajaran yang semakin luas cakupannya, menyebabkan siswa hanya dituntut untuk menghafal tetapi tidak dituntut untuk memahami dan menghubungkan materi yang telah dipelajarinya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran model pembelajaran PjBL (Project Based Learning)dalam meningkatkan hasil belajar IPA khususnya dalam materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini dilakukan di SMPIT AL HARAKI Depok tahun ajaran 2016/2017 dengan metode Penilitian Tindakan Kelas menggunakan desain penelitian adaptasi Model Hopkins. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas 7 AN-NABA berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 13siswa perempuan. Hasil pretest pada siklus I menunjukkan presentase siswa yang lulus KKM sebesar 29,63% (hanya 8 siswa lulus KKM), posttest pada siklus I menunjukkan presentase siswa yang telah lulus KKM sebesar 85,19% (23 siswa lulus KKM). Hasil pretest pada siklus II menunjukkan presentase siswa yang lulus KKM sebesar 59,26% (hanya 16 siswa lulus KKM), posttest pada siklus II menunjukkan presentase siswa yang lulus KKM sebesar 92,59% (25 siswa lulus KKM). Dari penilaian non tes berupa lembar observasi dan jurnal harian didapatkan hasil yang signifikan pada siklus II siswa sudah terlihat mulai berperan aktif dan bertanggung jawab terhadap project yang diberikan, pengetahuan siswa pun bertambah dengan pengalaman secara langsung mengamati lingkungan disekitar rumah yang sudah terkena dampak pencemaran lingkungan. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPA khususnya materi biologi (pencemaran lingkungan) dengan menggunaan model pembelajaran Project Based Learning. Diharapkan dengan model pembelajaran Project Based Learning siswa lebih didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir serta memahami dan menghubungkan materi yang dipelajarinya dalam kehidupan sehari-hari.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9385
    Collections
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV