Show simple item record

dc.contributor.authorKastutik, Anita Windy
dc.contributor.authorHariyatmi, H.
dc.date.accessioned2017-11-05T02:00:35Z
dc.date.available2017-11-05T02:00:35Z
dc.date.issued2017-05
dc.identifier.citationAgustina, P. (2015). Pengembangan PCK (Pedagogical Content Knowledge) Mahasiswa Calon Guru Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta Melalui Simulasi Pembelajaran. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA. 1(1) 1-15. Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara. Arnyana, I.B.P. (2007). Pengembangan Profesionalisme Guru Biologi di Era Global. Jurnal Pemdidikan dan Pengajaran UNDIKSHA, 0215(8250) 472 – 490. Aydin, S & Boz, Y. (2012). Review of Studies Related to Pedagogical Content Knowledge in the Context of Science Teacher Education: Turkish Case. Educational Sciences Theory & Practice.12(1) 497-505. Djamarah, S.B. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Etkina, E. (2010). Pedagogical Content Knowledge and Preparation of High School Physics Teachers. Physical Review Special TopicsPhysiscs Education Research. Ibrahim, B. (2016). Pedagogical Content Knowledge For Teaching English. English Educational Journal, 7(2)155-167. Loughran, J. M & Berry, A. (2008). Exploring Pedagogical Content Knowledge in Science Teacher Education. International Journal of Science Education. 30(1). Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam. 37(1) 27.33. Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Mulyasa. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan suatu Panduan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya. Natalia, M., Yusuf, Y & Ermadianti. (2013). Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Pekanbaru Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Biogenesis. 9(2) 28 – 38. National Science teachers Association in Collaboration with association of education in science. (1998). Standard for science preparatiion. Prasetyo, R., Nurohman, S & Susilowati. (2016). Studi Kasus Kompetensi Pedagogik Guru IPA SMP Ditinjau dari Aspek PCK (Pedagogical Content Knowledge) dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. 5 (9) 17-23. Rahmadhani, Y,. Rahmat, A & Purwaningsih, W. (2016). Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru dalam Pembelajaran Biologi SMA di Kota Cimahi. Jurnal Nasional Sains dan Pendidikan Sains. 6 (1) 17-24. Rahman, M. (2013). Pedagogical Competence Junior High School Science Teacher. Jurnal Sains. 2 (1). Rahmat, A., Riandi., Solihat, Rini., Wuyung, W. B., Zaputra, R & Ferazona, S. (2014). Peta Kompetensi Guru Biologi di SMA Kota Bandung Berdasarkan Analisis Kesesuaian Proses Pembelajaran di Kelas dengan Tuntutan Kompetensi Dasar. Jurnal Pengajaran MIPA. 19(2) 179 – 187. Rayandra, A. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta. Sanjaya, W. (2010). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Shulman. (1986). Those Who Understand: Knowledge Growth in Teaching. Educational Research. 15(2). Susilowati & Widhy, P. (2015). Analisis Pedagogical Content Knowledge Guru IPA SMP Kelas VIII dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Tahun III. 1(1) 72-78. Peraturan Menteri Pendidikan No.16 Tahun 2007. Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta : Depdiknas. Vianti, S.L. (2011). Kesesuaian Antara Pengembangan Indikator dan Kompetensi Dasar Dalam Silabus KTSP Aspek Membaca di Smp Negeri 3 Batang Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi Sarjana Pendidikan: UNES Yohafrinal, Damris dan Risnita.(2015). Analisis Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru MIPA di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Edukasi Sains. 4 (2) 15-24.in_ID
dc.identifier.issn2527-533X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9388
dc.description.abstractGuru merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan PCK guru IPA kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Sukoharjo. Jenis penelitian adalah deskripstif kualitatif. Populasi pada penelitian ini adalah 15 guru SMP kelas VIII di Kabupaten Sukoharjo. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 10 guru yang telah menggunakan kurikulum 2013. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling dan diambil lima RPP untuk setiap guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 14 aspek yang diidentifikasi, aspek yang tertingi adalah kemampuan guru dalam menyesuaiakan pemilihan strategi dengan jenjang pendidikan, dan terendah adalah aspek pengetahuan akan kaidah penyusunan rencana pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan PCK guru IPA kelas VIII SMP Negeri diKabupaten Sukoharjo temasuk baik (69.1%)in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProsiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2in_ID
dc.subjectPCKin_ID
dc.subjectGuru IPAin_ID
dc.subjectRPPin_ID
dc.titleProfil Kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru IPA Kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Sukoharjoin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record