dc.identifier.citation | Anwar, Y. (2014). Kemampuan Pedagogical Content Knowledge Guru Biologi yang Berpengalaman dan yang Belum Berpengalaman.Jurnal Pengajaran MIPA, Vol 19(1), 69-73. Aryana, I. (2007). Pengembangan Profesionalisme Guru Biologi di Era Global.Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA. Asmarani, N. (2014). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru di Sekolah Dasar.Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol 2(1), 503-510. Etkina, E. (2010). Pedagogical Content Knowledge and Preparation of High School Physics Teacher.Physical Review Special Topics-Physics Educations Research. Ghazi, S. (2013). Teacher’s Professional Competencies in Knowledge of Subject Matters at Secondary Level in Southern District of Khyber Pakhtunkhwa. Journal of Education and Social Research, Vol 3(2), 453460. Hamalik, U. (2008). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi.Jakarta : Kencana. Hidayah, F. (2013).Perbedaan Tingkat Efficacy ditinjau dari Status Sertifikasi pada Guru Sekolah Menengah Atas di Tuban.Jurnal Psikologi Pendidikan, Vol 2(1). Loughran, A. (2004). In Search of Pedagogical Content Knowledge in Science : Developing ways of articulating and Documenting professional Practice. Journal of Research in science Teaching. Vol 41(4), 370-391. Maryati.(2013). Analisis Pedagogic Content Knowledge (PCK) Terhadap Buku Pegangan Guru IPA SMP/MTs Kelas VII Pada Implementasi Kurikulum 2013. Artikel Ilmiah. Nuangchalerm, P. (2011). In-Service Science Teachers Pedagogical Content Knowledge.Studies in Sociology of Science. Vol 2(2), 33-37. Novauli, F. (2015).Kompetensi Guru Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pada SMP Negeri Dalam Kota Banda Aceh.Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, Vol 3(1), 45-67. Purwaningsih, E. (2015). Potret Representasi Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru dalam Mengajarkan Materi Getaran dan Gelombang pada Siswa SMP. Indonesian Journal of Applied Physics. Vol 5(1), 9-15. Rasyidin, W.H. (2014). Pedagogik Teoretis dan Praktis.Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Rollnick, M. (2008). The Place of Subject Matter Knowledge in Pedagogical Content Knowledge : A Case Study of South African Teachers The Amount of Substance and Chemical Equilibrium. Internasional Journal of Science Education, Vol 30(10), 13651387. Rosnita. (2011). Standar Pendidikan untuk Calon Guru Sains : Pedagogi Materi Subjek sebagai Sarana Pengembangan Konten Pedagogi Calon Guru. Jurnal Cakrawala Kependidikan, Vol 9(2). Saragih, A. (2008). Kompetensi Minimal Seorang Guru Dalam Mengajar”.Jurnal Pendidikan PPS UNIMED, Vol 1, 23-54. Shulman, L.S. (1986). Those Who Understand : Knowledge Growth In Teaching. Educational Reasearcher. Vol 57(1), 1-12. Surya, M. (2003).Percikap Perjuangan Guru.Semarang : CV Aneka. Susilowati.(2015). Analisis Pedagogical Content Knowledge Guru IPA SMP Kelas VIII Dalam Implementasi Kurikulum 2013.Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, Vol 3(1), 72. | in_ID |
dc.description.abstract | Guru merupakan komponen system pendidikan yang berperan sebagai pengendali keberhasilan suatu
program pendidikan. Kinerja guru diyakini sebagai faktor yang paling penting dalam tercapainya
pembelajaran yang berkualitas.Tiga pilar utama yang dijadikan sebagai dasar pengetahuan seorang guru yaitu
Content Knowledge (CK), Pedagogical Knowledge (PK), dan Pedagogical Content Knowledge (PCK).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil PK Guru IPA kelas VIII SMP Muhammadiyah Se-Kota
Surakarta dalam penyusunan RPP tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif
kualitatif karena mendeskripsikan profil PK guru dalam penyusunan RPP. Populasi yang digunakan dalam
penelitian ini adalah delapan sekolah SMP Muhammadiyah Se-Kota Surakarta dengan sampel berupa RPP
buatan guru kelas VIII. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode dokumentasi dengan
cara mengambil lima RPP buatan guru menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa penggunaan model memperlihatkan hasil baik (74,37%), penggunaan metode memperlihatkan hasil
sangat baik (92,50%), penggunaan pendekatan memperlihatkan hasil tidak baik (29,37%), pengetahuan
media memperlihatkan hasil cukup (64,37%), dan pemilihan ranah evaluasi memperlihatkan hasil baik
(77,50%). Berdasarkanpenelitian yangtelahdilakukan dapat disimpulkan bahwa profil PK guru IPA kelas
VIII SMP Muhammadiyah Se-Kota Surakarta memperlihatkanhasilcukup baik (64,92%). | in_ID |