Show simple item record

dc.contributor.authorArifah, Miftah
dc.contributor.authorHariyatmi, H.
dc.date.accessioned2017-11-06T07:10:25Z
dc.date.available2017-11-06T07:10:25Z
dc.date.issued2017-05
dc.identifier.citationAbel, S. K., (2008). Twenty Years Later: Does Pedagogycal Content Knowlegde remain a useful idea?.International Journal of Science Education, 30 (10), 1405-1416. Agustina, P., (2015). Pengembangan PCK (Pedagogic Content Knowledge)Mahasiswa Calon Guru Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta Melalui Simulasi Pembelajaran. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 1(1), 1-15. Hakiim, L., (2007). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima. Ibrahim, B. (2016). Pedagogical Content Knowledge For Teaching English. English Educational Journal. 7(2), 155167. Mishra, P., & Koehler, M. J., (2006). Technological PedagogicalContent Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teacher College Record, 108(6), 1017-1054. Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Purwaningsih, E. (2015). Potret Representasi Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru dalam Mengajarkan Materi Getaran dan Gelombang pada Siswa SMP. Indonesian Journal of Applied Physics, 5(1), 9-15. Rosnita. (2011). Standar Pendidikan untuk Clon Guru Sains: Pedagogi Materi Subjek sebagai Sarana Pengembangan Pengetahuan Konten Pedagogi Calon Guru. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 9(2). Shulman, L. E., (1986). Those Who Understand: Knowledge Growth in Teaching Educational Research, 15 (2), 4-14. Soraya, N., (2016). Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kupang Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Lampung: Universitas Lampung. Suryawati, E., Firdaus, L. N. & Yosua, H., (2014). Analisis Ketrampilan Technological Pedagogycal Content Knowledge Guru Biologi SMA Negeri Kota Pekanbaru. Jurnal Biogenesis, 11(1), 67-72. Suryosubroto, B., (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta. Suyanto & Asep, D. (2013). Bagaimana Menjadi Calon Guru Dan Guru Professional. Yogyakarta: Multi Pressindo. Syamsu, Y. (2004). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Yohafrinal, Damris & Risnita., (2015). Analisis PCK Guru MIPA di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Edu Sains, 4(2), 15-24.in_ID
dc.identifier.issn2527-533X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9393
dc.description.abstractGuru sebagai figur sentral dalam proses pendidikan merupakan komponen utama yang menentukan keberhasilan pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Kemampuan PedagogicalContent Knowledge(PCK) Guru IPA SMP Negeri se-Jatisrono dalam menyusun RPP Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah 17 guru IPA di SMP Negeri seJatisrono dengan sampel 15 guru IPA. Hasil identifikasi RPP menunjukkan bahwa sub aspek kesesuaian strategi dengan jenjang peserta didik, sub aspek kesesuaian strategi dengan kondisi lingkungan sekolah dan kesesuaian media dengan kondisi lingkungan sekolah termasuk sangat baik (100%), sedangkan sub aspek kesesuaian materi dengan kurikulum termasuk cukup (46,7%). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan PCK guru IPA SMP Negeri se-Jatisrono termasuk sangat baik (80,5%).in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProsiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2in_ID
dc.subjectPedagogical Content Knowledgein_ID
dc.subjectguru IPAin_ID
dc.subjectRPPin_ID
dc.titlePROFIL KEMAMPUAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) GURU IPA SMP NEGERI SE-JATISRONOin_ID
dc.typeresearch-article


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record