Show simple item record

dc.contributor.authorStyani, Wahyu Agus
dc.contributor.authorYusuf, Munawir
dc.contributor.authorFadhilah, Siti S.
dc.date.accessioned2017-11-07T02:02:53Z
dc.date.available2017-11-07T02:02:53Z
dc.date.issued2017-05
dc.identifier.citation[1] Chlup, D and Tracy E.C. (2014).Breaking the Ice: Using Ice-Breakers and ReEnergizers with Adult Learners. Adult Learning. Page. 35A - 39A. [2] Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media. [3] Maleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja Rosdakarya. [4] Meria, Azizah. (2015). Model Pembelajaran Agama Islam bagi Anak Tunagrahita di SDLB YPPLB Padang Sumatera Barat. Jurnal TSAQAFAH. Volume 11. Nomor 2. Hal. 355-380. [5] Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. [6] Sunarto. (2012). Ice breaker Dalam Pembelajaran Aktif. Cakrawala Media: Surakarta. [7] Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasionalin_ID
dc.identifier.issn2527-533X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9398
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kegiatan perencanaan danpelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik, dan penggunaan Ice Breaker dalam pembelajaran IPA.Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SLB YPAC C Semarang. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah: 1) wawancara mendalam, 2) pengamatan terlibat, 3) dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan perencanaan pembelajaran meliputi: 1)silabus dan RPP IPA yang disesuaikan materi ajar yang dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari, pelaksanaan pembelajaran mengacu pada 5 M (M1= mengamati, M2= menanya, M3= mencoba, M4= menalar, M5= mengomunikasi). 2)PenggunaanIce Breakeroleh guru dilakukan secara spontan, di awal kegiatan pembelajaran, di inti kegiatan pembelajaran, serta pemberian Ice breaker di akhir kegiatan pembelajaran. 3) Jenis kegiatan ice breaker yang diterapkan oleh jenis ice breaker berupa tepuk tangan, lagu, gerak badan dan games untuk memecahkan kejenuhan di kelas.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProsiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2in_ID
dc.subjectpendekatan saintifikin_ID
dc.subjectpembelajaran IPAin_ID
dc.subjectIce Breakerin_ID
dc.titlePELAKSANAAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS ICE BREAKER PADA PEMBELAJARAN IPA BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB C YPAC SEMARANGin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record