Kinerja Energi untuk Kenyamanan pada Bangunan Sekolah Menengah Kejuruan di Malang
dc.contributor.author | Alfianto, Imam | |
dc.contributor.author | Sulton, Mohammad | |
dc.contributor.author | Sari, Astri Anindya | |
dc.date.accessioned | 2017-12-30T03:14:15Z | |
dc.date.available | 2017-12-30T03:14:15Z | |
dc.date.issued | 2017-12-13 | |
dc.identifier.citation | ____. (2002), Agenda 21 on Sustainable Construction, CIB & UNEP-IETC, United Nation Environment Program / UNEP _____. (2003), UNEP Publication on Sustainable Building and Construction, UNEP Industry and Environment, April – September 2003, United Nation Environment Program / UNEP Amin, Nor Dina Md. Akasah, Zainal Abidin. & Razzaly, Wahid. (2015), Architectural evaluation of thermal comfort: Sick building syndrome symptoms in engineering education laboratories, Procedia - Social and Behavioral Sciences 204: 19–28. Evans, M. (1980), Housing, Climate and Comfort, London, The Architectural Press GBCI. (2012), Perangkat Penilaian Greenship: GREENSHIP untuk Gedung Baru. Departmen Rating Development. Green Building Council Indonesia. Hassan, Che Hallimah. (2013), A Framework for User Requirement Assessment in Technical Education Facility Planning: a Knowledge Engineering Approach, Procedia - Social and Behavioral Sciences 107: 104 – 111. Hoeckel, Kathrin. (2008), Cost and Benefits in Vocational Education and Training. OECD. Moore, F. (1993), Environmental Control System: Heating, Cooling, Ligthing, US, McGraw-Hill Inc. Priatman, Jimmy. (2003), “Energy Conscious Design” Konsepsi Dan Strategi Perancangan Bangunan Di Indonesia, Jurnal Dimensi Teknik Arsitektur Vol. 31, No. 1, Juli 2003: 43-51, Universitas Kristen Petra, Surabaya SNI 03 6197‐2000 tentang Konservasi Energi pada Sistem Pencahayaan SNI 03-6196-2000 tentang Prosedur Audit Energi Pada Bangunan Gedung SNI 03-6390-2011 tentang Konservasi Energi pada Sistem Tata Udara Bangunan Gedung. Sugandhi, R.M. (2012), Pola Pendanaan Penyelenggaraan Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. Disertasi tidak diterbitkan.Yogyakarta: PPs UNY. Supranto, J.M.A. (2001), Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta Szokolay, S.V. (1980), Environmental Science Handbook for Architects and Builders, Lancaster, The Contruction Press Szokolay, S.V. (1987), Thermal Design of Buildings, Canberra, RAIA Education Division USGBC. (2008), The LEED 2009 for Existing Buildings: Operations & Maintenance Rating System. | in_ID |
dc.identifier.issn | 1412-9612 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/9524 | |
dc.description.abstract | Sebagai salah satu standar dalam pendidikan nasional, sarana dan prasarana berperan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Untuk itu diperlukan manajemen sarana dan prasarana terutama bangunan yang baik agar tujuan pembelajaran dapat diwujudkan. Bangunan di negara beriklim tropis menggunakan energi untuk sistem tata udara sebesar 45-70% dan sistem tata cahaya sebesar10-20%.. Seiring dengan upaya revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) maka bangunan fasilitas pendidikan menengah kejuruan perlu mendapat perhatian terkait dengan kinerja energi terutama kenyamanan suhu dan pencahayaan. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi kriteria dasar sebagai indikator awal untuk melakukan penilaian (assesment) terhadap kinerja energi bangunan. Analisis dan identifikasi kriteria dilakukan dengan menggunakan metode Important Performance Analysis (IPA). Sebanyak 125 orang dari 4 (empat) Sekolah Menengah Kejuruan di Malang yang terdiri dari siswa dan guru sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 41 kinerja kriteria desain bangunan yang memiliki pengaruh dengan kenyamanan termal terdapat 14 variabel yang dipersepsikan penting oleh pengguna bangunan fasilitas bangunan pendidikan menengah kejuruan yang meliputi kategori: (a) lokasi bangunan, (b) upaya reduksi panas sekitar bangunan, (c) denah bangunan, (d) desain struktural dan selubung bangunan bagi kenyamanan termal, (e) sistem penghawaan dan pencahayaan buatan | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Buku Prosiding Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi dan Perancangan Industri (RAPI) XVI Tahun 2017 | in_ID |
dc.subject | bangunan | in_ID |
dc.subject | kinerja | in_ID |
dc.subject | pendidikan menengah kejuruan | in_ID |
dc.subject | termal | in_ID |
dc.title | Kinerja Energi untuk Kenyamanan pada Bangunan Sekolah Menengah Kejuruan di Malang | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Simposium Nasional Ke-16 RAPI 2017
Humanisasi Desain Produk dan Proses yang Berkelanjutan: Material, Sumber Daya, dan Energi