• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Butir Soal Oleh Mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Berdasarkan Pisa dan Taksonomi Bloom Revisi

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (794.0Kb)
    Date
    2017-08-03
    Author
    Pantiwati, Yuni
    Permana, Fendy Hardian
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Generasi muda merupakan ujung tombak yang dimiliki Indonesia dalam menghadapi globalisasi. Generasi muda harus memiliki sumber daya yang baik dengan memiliki keterampilan high order thinking. Keterampilan ini dapat dilatih oleh pendidik/calon pendidik melalui butir soal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal oleh mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) bagi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kabupaten Malang berdasarkan PISA dan Taksonomi Bloom yang telah direvisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Prosedur penelitian ini adalah: 1) mengumpulkan soal yang dibuat oleh mahasiswa S1 Pendidikan Biologi kelas 4A angkatan 2016/2017;2) menganalisis kesesuaian butir soal buatan mahasiswa dengan aspek level PISA dan Taksonomi Bloom yang telah direvisi. Sampel penelitian ini adalah seluruh soal buatan mahasiswa S1 Pendidikan Biologi UMM kelas 4A angkatan 2016/2017. Hasil penelitian menjelaskan bahwa butir soal yang telah dibuat oleh mahasiswa terdapat pada ranah C1 dan C2 berdasarkan Taksonomi Bloom yang telah direvisi. Berdasarkan PISA, butir soal tersebut dominan pada level 1b, 1a, dan 2. Berdasarkan hal tersebut, dapat disarankan perlu dilakukan penelitian lanjutan dalam skala yang lebih luas dan model pembelajaran memungkinkan untuk mengatasi permasalahan siswa di kelas.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9550
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV