• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Keanekaragaman Jenis Tumbuhan Paku di Kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran Sebagai Sumber Belajar Biologi SMA Kelas X Materi Keanekaragaman Hayati

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (1.113Mb)
    Date
    2017-08
    Author
    Handayani, Trikinasih
    Sugiarti, Puput
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) keanekaragaman jenis tumbuhan paku di kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran, 2) indeks keanekaragaman jenis tumbuhan paku, 3) pengaruh kondisi lingkungan abiotik yang terukur meliputi suhu udara, suhu tanah, kelembaban udara, kelembaban tanah, pH tanah, dan C/N ratio terhadap indeks keanekaragaman jenis tumbuhan paku, dan 4) mengetahui potensi hasil penelitian sebagai sumber belajar biologi SMA kelas X pada materi pembelajaran keanekaragaman hayati. Penelitian dilakukan dengan metode point intercept. Pengambilan sampel dilakukan secara Random. Penelitian dibagi menjadi lima area kajian dengan luas masing-masing 10.000 m². Perhitungan indeks keanekaragaman jenis menggunakan Shannon-Wienner. Pengaruh kondisi lingkungan abiotik yang terukur terhadap indeks keanekaragaman jenis tumbuhan paku dianalisis menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian dikaji potensinya sebagai sumber belajar Biologi sesuai syarat-syarat sumber belajar biologi menurut Djohar (Suhardi, 2012). Hasil penelitian ditemukan 13 jenis tumbuhan paku di seluruh area kajian dengan INP tertinggi yaitu Athyrium sp. (74.62%). Indeks keanekaragaman jenis tumbuhan paku tergolong rendah berkisar antara 0.08-0.15. Kondisi lingkungan abiotik yang terukur (suhu udara, suhu tanah, kelembaban udara, kelembaban tanah, pH tanah, dan C/N ratio) yang berbeda pada masing-masing area kajian tidak berpengaruh terhadap indeks keanekaragaman jenis tumbuhan paku. Hasil penelitian berpotensi sebagai sumber belajar biologi SMA kelas X pada materi pembelajaran keanekaragaman hayati ditinjau dari 1) aspek kejelasan potensi ketersediaan objek dan permasalahan yang diangkat, 2) kesesuaian dengan tujuan pembelajaran, 3) sasaran materi dan peruntukannya, 4) informasi yang akan diungkap, 5) pedoman eksplorasi dan 6) perolehan yang akan dicapai.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9556
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV