• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Desain Pembelajaran Kalkulus Integral Menggunakan Maple Untuk Analisis Kemandirian Belajar dan Pemahaman Konsep

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (1.325Mb)
    Date
    2017-08
    Author
    Huda, Syaiful
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Peningkatan SDM yang berkualitas sangat diperlukan. Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan menganalisis tingkat kemandirian dan tingkat pemahaman mahasiswa sehingga diperoleh desain pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diberikan kepada mahasiswa. Dalam penelitian ini Desain pembelajaran diberikan melalui Lesson Study pada mata kuliah kalkulus melalui penggunaan software Maple. Sehingga tujuan penelitian ini adalah mendapatkan desain pembelajaran melalui analisis tingkat kemandirian dan tingkat pemehaman konsep mahasiswa pada mata kuliah kalkulus dengan menggunakan software Maple. Metode dan pendekatan yang digunakan adalah penelitian deskriptif kulaitatif melalui Lesson Study. Dengan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kemandirian belajar mahasiswa, wawancara, dan instrumen two tier test. Hasil yang diperoleh adalah tingkat kemandirian belajar mahasiswa (Dari ketiga indokator utama tersebut disimpulkan kemandirian belajar mahasiswa pada mata kuliah kalkulus integral menggunakan software maple untuk kepercayaan diri masih dalam kategori Cukup Baik (58,76), Tanggung Jawab dalam kategori Baik (76,02), dan Disiplin dalam kategori Cukup Baik (61,31)). Analisis tingkat pemahaman konsep mahasiswa adalah rata-rata pemahaman konsep mahasiswa pada tingkat pertama adalah 84,28% lebih besar dari pada jawaban pada tingkat pertanyaan yang kedua yaitu 65,68%.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9560
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV