Show simple item record

dc.contributor.authorWaluyo, Mohamad
dc.contributor.authorPramudhitasari, Lingga
dc.date.accessioned2018-02-02T01:48:54Z
dc.date.available2018-02-02T01:48:54Z
dc.date.issued2017-08
dc.identifier.citationArnold, K. E. 2010. “Signals: Applying Academic Analytics. EDUCAUSE Quarterly 33 (1).http://www.educause.edu/EDUCAUSE+Quarterly /EDUCAUSEQuarterlyMagazineVolum/SignalsApplyingAcademicAnalyti/199385. Bajzek, D., J. Brooks, W. Jerome, M. Lovett, J. Rinderle, G. Rule, and C. Thille. 2008. “Assessment and Instruction: Two Sides of the Same Coin.” In Proceedings of World Conference on E-Learning in Corporate, Government, Healthcare, and Higher Education 2008, edited by G. Richards. Chesapeake, VA: AACE, 560–565. Harahap, S. H. 2015. Pemanfaatan E-learning Berbasis LCMS Moodle Sebagai Media Pembelajaran Untuk Mata Kuliah Sistem Informasi Akuntansi. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis. Vol.15 (1) Hal 86-99 Han, J. dan Kamber, M. 2006. Data Mining: Concepts and Techniques. Second Edition. Elsevier Inc. Indrajit, R.E., Rama, B. 2016. Educational Data Mining dan Learning Analytics: Strategi meingkatkan proses Belajar. http://www.academia.edu/29713608/Educational_Data_Mining_dan_Learning_Ana lysis Jisc. 2012. Activity Data: Delivering benefits from the data deluge. UK Long, C., & Siemens, G. (2011, September 12). Penetrating the fog: Analytics in learning and education. EDUCAUSE Review, 46(5). http://er.educause.edu/articles/2011/9/penetrating-the-fog-analytics-in-learning-andeducation Merceron A, Yacef K (2008) Interestingness measures for association rules in educational data. In: Proceedings of the 1st international conference on educational data mining, pp 57–66. Riyadi, R.A., Nur, M., Ismayati E. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis E- learning Moodle Dengan Model Pengajaran Langsung Di SMKN 2 Tarakan. Jurnal Pendidikan Vokasi: Teori dan Praktek. Vol. 3 (1) Hal 61-70 Siagian, S., Panjaitan, B., Wau, Y., 2016. Pengembangan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis E-learning Pada Matakuliah Disain Instruksional. Jurnal Penelitian Bidang Pendidika. Volume 22 (2): 149 -16in_ID
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9569
dc.description.abstractLearning Analytics (LA) merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengolah data yangdiperoleh dalam pembelajaran. LA ini erat kaitannya dengan statistika, data mining, sistem informasi yang semula digunakan dalam bidang ekonomi dan industri, kemudian merambah ke bidang pendidikan. Seiringdengan perkembangan teknologi informasi dan penerapannya yang mulai meningkat dalam dunia pendidikan menjadikan data-data pembelajaran lebih mudah diperoleh dan peran LA menjadi lebih signifikan. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa itu LA dan bagaimana LA digunakan dalam peningkatan kualitas pembelajaran.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProsiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke -2in_ID
dc.subjectlearning analyticsin_ID
dc.subjectpembelajaranin_ID
dc.subjectdata miningin_ID
dc.titleLearning Analytics Untuk Menigkatkan Kualitas Pembelajaranin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record