Show simple item record

dc.contributor.authorRatih, Koesoemo
dc.date.accessioned2018-02-02T02:00:09Z
dc.date.available2018-02-02T02:00:09Z
dc.date.issued2017-08
dc.identifier.citationAppadurai, A. 1996. Modernity at large: Cultural dimensions of globalization (Vol. 1). Minneapolis, MN: University of Minnesota. Bhabha, H. 1994. Location of culture. London: Routledge Buckworth, J., Kell, M., & Robinson, J. 2015. Supportive structures: International students and practicum in Darwin schools. The International Journal of Diversity in Education, 15(1), 1-10. Carron, G. & Chau, T. N. 1996. The quality of primary schools in different development contexts. Paris: UNESCO Publishing. Carspecken, P. F. 1996. Critical ethnography in educational research: A theoritical and practical guide. London, UK: Routledge. Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. 2000. Research methods in education (5th ed.). New York, NY: Routledge Falmer. Darling-Hammond, L. 2005. Preparing teachers for a changing world: What teachers should learn and be able to do. San Fransisco, CA: Jossey-Bass. Erbay, Ş., Erdem, E., & Sağlamel, H. 2014 . The portrait of a good foreign language teacher: A cross-i nterview anal ysi s of pri vate language course admini strators’ opinions. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 5(4), 41-61. doi: 10.17569/tojqi.77912 Goodwin, A. L. 2010. Globalization and the preparation of quality teachers: Rethinking knowledge domains for teaching. Teaching Education, 21(1), 19-32. doi: 10.1080/10476210903466901 Guba, E. G., & Lincoln, Y. S. 1994. Competing paradigms in qualitative research. In N. K. Denzin & Y. S. Lincoln (Eds.), Handbook of qualitative research (pp. 105-117). Thousand Oaks, CA: Sage. Hattie, J. A. 2009. Visible learning: A synthesis of over 800 meta-analysis relating to achievement. Oxford, UK: Routledge. Hopkins, D., & Stern, D. 1996. Quality teachers, quality schools: International perspectives and policy implications. Teaching and Teacher Education, 12(5), 501517. doi: http://dx.doi.org/10.1016/0742-051X(95)00055-O Marsh, C. J. 2010. Becoming a teacher: Knowledge, skills and issues (5th ed.). French Forest, NSW: Pearson. Raihani. 2014. Creating multicultural citizens: A portrayal of contemporary Indonesian education. Oxford, UK: Routledge. Republik Indonesia. 2003. Undang-undang RI No 20, 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Retrieved from www.inherent-dikti.net/files/sisdiknas Republik Indonesia. 2005a. Peraturan pemerintah no 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan [Government decree no 19, 2005, on national standards for education]. Retrieved from http://www.unm.ac.id/files/surat/pp-19-tahun-2005-ttgsnp.pdf Republik Indonesia. 2005b. Undang-undang Republik Indonesia no 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Retrieved from http://sindikker.ristekdikti.go.id/dok/UU/UUNo142005%28Guru% 20&%20Dosen%29.pdf Republik Indonesia. 2013. Peraturan pemerintah Republik Indonesia no 32 tahun 2013 tentang perubahan atas peraturan pemerintah no 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan. Retrieved from http://sindikker.dikti.go.id/dok/PP/PP32- Shulman, L. S. (1999). Knowledge and teaching: Foundations of the new reform. In B. Moon & J. Leach (Eds.), Learners and pedagogy (pp. 61-77). London, UK: Paul Chapman. 2013PerubahanPP19-2005SNP.pdf Luschei, T. F., & Zubaidah, I. 2012. Teacher training and transitions in rural Indonesian schools: A case study of Bogor, West Java. Asia Pacific Journal of Education, 32(3), 333-350. doi: 10.1080/02188791.2012.711241 Shulman, L. S. 1999. Knowledge and teaching: Foundations of the new reform. In B. Moon & J. Leach (Eds.), Learners and pedagogy (pp. 61-77). London, UK: Paul Chapman. UNESCO. 2015. Education for all 2000-2015: Achievements and challenges. EFA global monitoring report 2015. Retrieved from http://unesdoc.unesco.org/images/0023/002322/232205e.pdfin_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-102-7
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9570
dc.description.abstractAgenda kebijakan global dalam bidang pendidikan telah mengkonsolidasikan pandangan bahwa kualitas pendidikan di Indonesia masih rendah. Salah satu solusi yang dirancang untuk memecahkan permasalahn ini adalah dengan meningkatkan kualitas guru.Hattie (2009) berargumen bahwa guru yang berkualitas akan mempengaruhi dan meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu cara mewujudkannya adalah melalui implementasi kebijakan yang memasang pagu harapan yang tinggi, namun kenyataannya profesi mengajar di Indonesia masih dianggap sebagai status yang rendah dibanding profesi yang lain. Artikel ini bertujuan untuk mendiseminasikan hasil penelitian Etnografi kritis yang memfokuskan pada kesilapan antara kebijakan dan praktik dalam ranah pedagogi yang merupakan tantangan dalam mempersiapkan calon guru yang Kompetitif secara global. Teori globalisasi Appadurai diterapkan untuk menjelaskan adanya tantangan tersebut. Pengambil kebijakan perlu mempertimbngkan kembali kesilapan ini sebagai bentuk perhatian terhadap ranah pedagogi. Oleh karena itu artikel ini memberikan wawasan yang bermakna dalam perdebatan implementasi pembelajaran siswa aktif dan penerapan IT dalam pembelajaran yang ada di institusi pendidikan dalam mempersiapkan calon guru yang berkualitas secara lokal, nasional dan global.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProsiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke -2in_ID
dc.subjectguru yang berkualitasin_ID
dc.subjectpedagogiin_ID
dc.subjectetnografi kritisin_ID
dc.titleMempersiapkan Calon Guru yang Berkualitas: Ada Apa Dengan Praktik Pedagogi di Sekolah?in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record