Show simple item record

dc.contributor.authorHandaka, Irvan Budhi
dc.date.accessioned2018-02-02T02:14:28Z
dc.date.available2018-02-02T02:14:28Z
dc.date.issued2017-08
dc.identifier.citationAgus Supriyanto, M. Pd, and Irvan Budhi Handaka. 2016. "Profesionalisme Konselor: Evaluasi Program Bimbingan Dan Konseling Komprehensif Di Sekolah." Prosiding Seminar Nasional" Membangun Karakter untuk Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa". Unesa University Press, 2016. Badrujaman, A. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks. Cobia. D.C. 2003. Handbook of school Counseling. New jersey: Pearson education. Dahir & Stone. 2011. School Counselor Accountability: A MEASURE of Student Succes. New Jearsey : Pearson. Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Handaka, Irvan Budhi. 2015. "STUDI DESKRIPTIF TENTANG MODEL EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA NEGERI DI KABUPATEN BANTUL." JURNAL KONSELING GUSJIGANG 1.2, 2015. Handaka, Irvan Budhi, and Cecep Maulana. 2017. "PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI NASIONAL." Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Konseling. Vol. 1. No. 1. 2017. Irvan, Budhi Handaka. "Guidance and counseling service to improve gold generation." Nurihsan, A.J. & Sudianto, A. 2005. Manajemen Bimbingan & Konseling di SMA Kurikulum 2004. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Pilgreen, J. L. 2000. The SSR Handbook: How to Organize and Manage a Sustained Silent Reading Program. Portsmouth, NH: Heinemann Boynton/Cook Publishers. Suherman. 2008. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Universitas Pendidikan Indonesia Suherman, Uman. 2015. Implementasi Bimbingan dan Konseling dalam Permendikbud 111 Tahun 2014. Disampaikan dalam Forum Ikatan Bimbingan dan Konseling Sekolah (IBKS) Tahun 2015. Sukardi, D. K., & Kusuma, N. 2008. Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. Supriatna, M. 2011. Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi: Orientasi Dasar Pengembangan Profesi Konselor. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Unesco. 2012. Literacy for Life. Education for All Global Monitoring Report. Winkel, W.S. & Hastuti, M.M.S. 2004. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.in_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-102-7
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9572
dc.description.abstractPengembangan evaluasi layanan bimbingan dan konseling, telah menjadi kebutuhan dalam pengembangan layanan bimbingan dan konseling di dunia. Kebutuhan panduan evaluasi yang efektif semakin dibutuhkan bagi pengembangan profesionalitas konselor. Mengingat harapan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, perlu dikembangkan alat evaluasi sehingga menghasilkan instrumen model evaluasi yang efektif dan efisien untuk mendukung akuntabilitas layanan bimbingan dan konseling. Selain mendukung akuntabilitas layanan, adalah untuk membangun kompetensi konselor yang sesuai dengan Standar Kompetensi Konselor Indonesia. Konselor memiliki peran besar dalam pendidikan, karena sebagai fasilitator bagi pertumbuhan dan perkembangan siswa dalam rangka mencapai tujuan pendidikan. Adapun model evaluasi program bimbingan dan konseling komprehensif dengan enam aspek yaitu (a) misi, (b) elemen, (c) analisa, (d) dukungan pihak sekolah, (e) hasil, (f) mendidik. Model evaluasi program dikembangkan berdasarkan deskripsi dan analisis visibilitas implementasi evaluasi program bimbingan dan konseling komprehensif yang dibutuhkan. Diharapkan dengan model evaluasi, peningkatan kompetensi profesional menjadi harapan nyata bagi profesi konselor.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProsiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke -2in_ID
dc.subjectmodel evaluasi layananin_ID
dc.subjectkompetensi profesional konselorin_ID
dc.titlePengembangan Model Evaluasi Layanan Bimbingan dan Konseling Untuk Meningkatkan Profesionalisme Konselorin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record