• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Rencana Pembelajaran IPA Calon Guru Sekolah Dasar

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (852.2Kb)
    Date
    2017-08
    Author
    Sayekti, Ika Candra
    Rini, Ika Fajar
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan calon guru sekolah dasar dalam merancang RPP yang dilihat pada keterampilan calon guru dalam menyusun RPP mulai dari identitas, indikator, tujuan pembelajaran, penentuan materi pembelajaran, pemilihan metode, bagaimana kegiatan pembelajaran, pemilihan media, hingga rancangan penilaian hasil belajar serta kendala yang dialami calon guru dalam menyusun RPP. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester IV program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, dengan sampel kelas D berjumlah 43 orang yang diambil secara simple random sampling. Sumber data utama adalah RPP yang disusun oleh mahasiswa calon guru sekolah dasar dan angket untuk mengetahui kendala yang dialami mahasiswa. Hasilnya menunjukkan bahwa: seluruh RPP telah terdapat identitas. Rumuskan indikator dan tujuan pembelajaran ranah kognitif sudah cukup baik. Indikator sudah mengarah pada kegiatan proses sains. Namun belum semua RPP merumuskan indikator ranah psikomotor dan afektif. Pemilihan materi sudah disesuiakan dengan konteks kehidupan namun beberapa belum lengkap sesuai indikator yang diharapkan. Media pembelajaran yang dipilih disesuaian dengan karakteristik peserta didik dan dilengkapi lembar kerja siswa yang berbasis proses sains. Pada aspek pemilihan pendekatan pembelajaran sudah berbasis student centered dan memilih model sesuai dengan karakateristik materi IPA.Pada penilaian tes, sebagian kecil RPP tidak membuat pemetaan antara indikator dan kisi soal sehingga proporsi soal kurang seimbang. Pada penilaian non tes, sebagian besar RPP sudah merencanakan penilaian proses pada pembelajaran, penyusunan angket untuk menilai ranah afektif masih minim. Adapun kendala yang dihadapi mahasiswa dalam menyusun RPP IPA antara lain: (1) sebanyak 25% mahasiswa menyatakan mengalami kesulitan dalam menyusun indikator pembelajaran. (2) sebanyak 14 % mahasiswa menyatakan mengalami kesulitan menyusun tujuan pembelajaran. (3) sebanyak 49% mahasiswa mengalami kendala dalam merencanakan langkah pembelajaran.(4) sebanyak 35% mahasiswa mengalami kesulitan dalam menyusun komponen penilaian.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9574
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV