Ethno-Education: Pendidikan Dalam Perspektif Budaya Dalam Rangka Penguatan Pendidikan Karakter Para Calon Guru di PGSD FKIP UMM
View/ Open
Date
2017-08Author
Anshory, Ichsan
Ekowati, Dyah Worowirastri
Yayuk, Erna
Metadata
Show full item recordAbstract
Pendidikan merupakan suatu sistem untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dalam segala aspek kehidupan
dan sekaligus sebagai upaya pewarisan nilai-nilai budaya bagi kehidupan manusia. Pewarisan nilai-nilai budaya
secara tidak langsung merupakan tahapan pembentukan karakter generasi bangsa. Oleh karenanya, pendidikan
berperan strategis dalam pengembangan budaya dan karakter generasi bangsa. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar sebagai salah satu anak bungsu di LPTK Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Muhammadiyah Malang memiliki sikap proaktif dalam rangka pengembangan budaya dan penguatan pendidikan
karakter.Hal ini dilakukan karena mahasiswa PGSD FKIP UMM berasal dari seluruh wilayah nusantara. Oleh
karenanya, pembelajaran yang dilakukan tidak dapat terpisah dengan peran budaya serta karakter masing-masing
daerah para mahasiswa. Makalah ini akan menjabarkan bagaimana ethno-learning: pembelajaran dalam
perspektif budaya dalam rangka penguatan pendidikan karakter para calon guru di Program Studi PGSD FKIP
UMM. Serta dampaknyaterhadap peningkatan kualitas lulusan PGSD FKP UMM.