• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Karakterisik Pembelajaran Kooperatif

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (1.315Mb)
    Date
    2017-08
    Author
    Supendi, Deden Ahmad
    Saepuloh, Lutphi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran kooperatif merupakan pembelajaran yang menekankan kepada aspek kerja sama dengan memperhatikan karakteristik individu dalam penggunaannya. Penggunaan pembelajaran kooperatif ini akan optimal apabila guru menggunakan langkah-langkah pembelajaran yang sesuai. Namun hal yang seringterlewatkan adalah karakteristik pembelajaran kooperatif itu sendiri, di mana guru sudah melaksanakan langkahlangkah pembelajaran kooperatif yang sesuai, namun karakteristik pembelajaran kooperatif itu sendiri terlewatkan. Tujuan penelitian ini adalah memaparkan karakteristik pembelajaran kooperatif dalam menerapkan model-model pembelajaran kooperatif. Hasil penelitian ini bisa dimanfaatkan oleh guru dalam menggunakan model-model pembelajaran kooperatif dengan memperhatikan karakteristik umum yang seharusnya ada dalam penggunaan pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif setidaknya memiliki tiga karakteristik umum, yakni 1) siswa memiliki kesempatan yang sama untuk berhasil; 2) setiap anggota kelompok memiliki tanggung jawab terhadap kelompoknya; dan 3) rekognisi tim. Karakteristik-karakteristik tersebut sering terlewatkan,sehingga ketika pembelajaran kooperatif berlangsung karakteristik-karakteristik tersebut tidak muncul dan pembelajaran kooperatif hanya memunculkan karakteristik lain yang seharusnya tidak muncul.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9582
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV