• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Kegiatan Bermain Ekplorasi Terhadap Kemampuan Menulis (Handwriting)

    Thumbnail
    View/Open
    51.pdf (1.315Mb)
    Date
    2017-08
    Author
    Aulina, Choirun Nisak
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Menulis merupakan keterampilan yang bersifat mekanistis. Kemampuan menulis tidak mungkin dikuasai hanyamelalui teori saja, tetapi harus dilaksanakan melalui latihan dan praktik yang teratur sehingga menghasilkan tulisan yang tersusun dengan baik. Menulis merupakan kegiatan kebahasaan yang memegang peran penting, dengan menulis orang dapat melakukan komunikasi, mengemukakan gagasan baik dari dalam maupun luar dirinya, dan mampu memperkaya pengalamannya. Masa anak-anak adalah masa bermain. Dilandasi rasa ingin tahu yang tinggpada diri setiap anak serta keaktifannya yang selalu ingin bergerak. Bermain eksplorasi merupakan kegiatan bermain menjelajah lingkungan. Maka dengan bermain eksplorasi anak akan bisa berimajinasi, memanipulasdengan hal-hal yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan bermain eksplorasterhadap kemampuan menulis (handwriting). Penelitian ini di lakukan di TK Dharma Wanita PersatuanGedangrowo Prambon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen jenis PreExperimental Design dengan desain OneGroup Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah sampel jenuh yang terdiri dari 23 anak kelompok B. Hasil analisis data dengan menggunakan rerata N-Gain 0,73 yang berartadanya perbedaan yang tinggi antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan terhadap siswa TK Dharma WanitaPersatuan Gedangrowo Prambon.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9583
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV