• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Minat Belajar Melalui Penerapan Strategi Teams Games Tournament Kolaborasi Debat Aktif Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (643.6Kb)
    Date
    2017-08
    Author
    Setyadi, Yulianto Bambang
    Munawaroh, Siti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar melalui penerapan strategi Teams Games Tournament kolaborasi Debat Aktif dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada siswa kelas X Seni Lukis SMK Negeri 9 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Minat belajar siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sebelum diberikan tindakan masih tergolong rendah. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan penerapan strategi Teams Games Tournament kolaborasi Debat Aktif. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas X Seni Lukis SMK Negeri 9 Surakarta yang berjumlah 30 peserta didik. Tindakan dilaksanakan dalam dua siklus, masingmasing terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan menerapkan analisis data model alir. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan angket. Indikator kinerja Penelitian Tindakan Kelas ini adalah penerapan strategi Teams Games Tournament kolaborasi Debat Aktif diharapkan dapat meningkatkan minat belajar dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada siswa kelas X Seni Lukis SMK Negeri 9 Surakarta minimal 80% dari 30 peserta didik. Pencapaian hasil ini diperkuat dengan perolehan indikator minat belajar siswa. Indikator tersebut yaitu perasaan senang, ketertarikan siswa, perhatian siswa, dan keterlibatan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum diadakan tindakan, peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan hanya 13 anak (43,33%). Setelah dilakukan tindakan dengan penerapan strategi Teams Games Tournament kolaborasi Debat Aktif pada Siklus I meningkat, menjadi 18 siswa (60%), lalu pada Siklus II meningkat lagi menjadi 25 peserta didik (83,33%). Hal ini menunjukkan ketercapaian indikator kinerja yang ditetapkan pada awal kegiatan penelitian (80%).
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9587
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV