dc.contributor.author | Nasucha, Yakub | |
dc.date.accessioned | 2018-02-06T06:57:40Z | |
dc.date.available | 2018-02-06T06:57:40Z | |
dc.date.issued | 2017-08 | |
dc.identifier.citation | Adisusilo, S. (2012). Pembelajaran Nilai Karakter Kontruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. Arends, R. I. (2008a). Learning to Teaching: Belajar untuk Mengajar. Buku Satu Edisi Ketujuh. Terj. Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (Buku asli diterbitkan 2007) Arends, R. I. (2008b). Learning to Teaching: Belajar untuk Mengajar. Buku Dua Edisi Ketujuh. Terj. Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (Buku asli diterbitkan 2007). Asgari, S. & Alba, G. D. (2011). Improving Group Functioning in Solving Realistic Problems. Australia: The University of Queensland. Biggs, J. (1999). Teaching for Quality Learning at University. SHRE and Open University Press. Grasha, A. (1996). Teaching with Style. Pittsburg PA: Alliance Publishers. Hadar, L. L. & Brody, D. L. (2016). Talk about Student lLearning: Promoting Professional Growth among Teacher Educators. Teaching and Teacher Education journal homepage: www.elsevier.com/locate/tate. http://dx.doi.org/10.1016 /j.tate. 2016.05.021. 0742-051X/© 2016 Elsevier Ltd. All rights reserved. Hal. 104. | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-361-102-7 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/9589 | |
dc.description.abstract | Pembelajaran kooperatif (cooperative learning) menekankan siswa untuk bekerjasama dan
berdiskusi kelompok dalam proses pembelajaran. Prosesnya terjadi dua arah dan timbal balik,
yaitu guru dan siswa sama-sama aktif dalam peran yang berbeda.. Metode jigsaw sebagai
salah satu model pembelajaran kooperatif (cooperative learnng) sangat mudah dilakukan dan
diimplementasikan oleh guru dalam berbagai macam mata pelajaran. Pelaksanaan pembelajaran
merupakan inti kegiatan pengembangan model pembelajaran menulis teks eksposisi secara
berantai. Kegiatan ini meliputi tiga langkah kegiatan, yaitu penulisan berantai pembahasan,
dan presentasi. Setiap siswa harus menyiapkan gagasan yang ada pada dirinya dan berlomba
untuk kepentingan individu maupun kelompok. Siswa yang paling menonjol dapat membantu
temannya dalam kelompok, dapat memimpin diskusi internal (pembahasan) dan menjadi
penyaji sebagai wakil dalam diskusi eksternal (presentasi). | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke -2 | in_ID |
dc.title | Metode Jigsaw Penulisan Berantai Dalam Pembelajaran Kooperatif | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |