• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Matlab Sebagai Aplikasi Project Dalam Pembelajaran Kalkulus

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (919.3Kb)
    Date
    2017-08
    Author
    Syaharuddin, Syaharuddin
    Negara, Habib Ratu Perwira
    Mandailina, Vera
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuanuntuk mengembangkan aplikasi projectdalam pembelajaran Kalkulus menggunakan GUI Matlab. Adapun cakupan hasil pengembangan meliputi (1) Pra Kalkulus, (2) Limit Fungsi, (3) Turunan dan aplikasinya, dan (4) Integral dan aplikasinya. Setiap bidang pengembangan disajikan sesuaistandar kompetensi materi, indikator pencapaian pembelajaran, dan solusi atau langkah-langkah penyelesaian pada setiap persoalan yang disajikan.Aplikasi project ini bisa digunakan oleh dosen dan mahasiswa di perguruan tinggi untuk meningkatkan motivasi, penguasaan materi dan hasil belajar mahasiswa di mata kuliah Kalkulus. Pengembangan software ini dilakukan melalui 4 tahap yang disebut 4-D yakni: Define, Design, Develop, and Diseminate. Berdasarkan analisa data diperoleh hasil pada tahap validasi ahli tingkat kevalidanrata-rata sebesar 3,575 yang berarti “cukup valid”.Kemudian pada uji coba terbatas rata-rata mahasiswa memberikan respon sebesar 92,00%yang berarti “sangat baik”. Sedangkan pada uji coba lapangan pertama rata-rata mahasiswa memberikan respon 89,3% yang berarti “sangat baik”, dan pada uji coba lapangan kedua rata-rata mahasiswa memberikan respon 90,15% yang berarti “sangat baik”.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9596
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV