dc.contributor.author | Sultoni, Sultoni | |
dc.date.accessioned | 2018-03-01T01:58:00Z | |
dc.date.available | 2018-03-01T01:58:00Z | |
dc.date.issued | 2017-08 | |
dc.identifier.citation | Trianto. (2007). Model – Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Manajemen: Pendekatan,Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi (Mixed Methods), Penelitian Tindakan (Action Research), Penelitian Evaluasi.Jakarta: Alfabeta. Indriana Dina. (2011). Mengenal Ragam Gaya Pembelajaran Efektif. Jogjakarta: DIVA Press. Suyono, Hariyanto. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Banadung: PT. Remaja Rosdakarya. Setyoningsih. (2015). E-Leraning:Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Elementary, volume 3 (1), pp. 39-58. Diakses dari http:// http://journal.stainkudus.ac.id/ Komariah Nur. (2016). Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran Berbasis ICT. Al- Afkar, volume 5 (1), pp.79-105. Diakses dari http:// http://journal.stainkudus.ac.id/ | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-361-102-7 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/9600 | |
dc.description.abstract | Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sekarang sudah semakin maju dan
sudah merambah kesegala lini kehidupan tidak memandang status baik tua muda, miskin kaya
semuanya sudah terjangkit dengan wabah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.
dengan adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memberi dampak baik
dan dampak buruk, tergantung dari kita sebagai pengguna mau memposisikan pada sisi yang
mana perkembangan TIK tersebut. Dengan adanya perkembangan teknologi informasi dan
komunikasi ini juga sangat membantu pada dunia pendidikan, terutama dalam pembuatan
tugas tugas kuliah seperti makalah maupun tugas praktikum, mahasiswa dengan sangat mudah
akan mendapatkan topik atau tema yang akan dicari dalam hitungan menit bahkan detik.
Namun disisi lain, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memiliki dampak yang
kurang baik terhadap hasil belajar mahasiswa. Hal ini dibuktikan terhadap hasil belajar
mahasiswa PTIK pada matakuliah algoritma dan pemrograman di Fakultas KIP Umsida, yang menurun hasil belajarnya di beberapa unsur penilaian karena mahasiswa beranggapan
“tidak perlu belajar karena semua data dan informasi sudah tersedia di internet”. Untuk
itu motivasi dan dorongan serta support dari semua unsur terutama dosen tetap diperlukan,
guna menunjang hasil belajar mahasiswa tetap optimal. Karena berdasarkan hasil perhitungan
hubungan antara model SCL dan TCL memiliki hubungan yang saling ketergantungan yaitu
memiliki nilai korelasi 0,98 ini artinya keduanya tidak bisa dipisahkan, harus berjalan seirama
dalam rangka meningkatkan hasil belajar yang maksimal khususnya pada matakuliah algortima
dan pemrograman. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke -2 | in_ID |
dc.title | Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa PTIK Pada Matakuliah Algoritma dan Pemrograman | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |