• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Atmosfer Belajar Siswa Generasi Digital Native Melalui Pembelajaran Berbasis Game

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (694.2Kb)
    Date
    2017-08
    Author
    Sukirman, Sukirman
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Siswa generasi digital native adalah mereka yang terlahir di era teknologi digital, aktivitas yang dilakukan membutuhkan peralatan teknologi sebagai media bantu. Salah satu karakteristik generasi digital native adalah kemampuan dalam menggunakan teknologi komputer dan mobile smartphone dengan mudah, baik untuk menelusuri informasi maupun hiburan, seperti browsing, chatting, dan yang paling digemari adalah bermain game melalui komputer maupun perangkat mobile. Game mobile merupakan aplikasi game berbasis sistem komputer yang terpasang di smartphone maupun gadget dan memungkinkan seseorang untuk memainkannya di berbagai tempat. Dalam banyak penelitian, diungkapkan bahwa game memiliki potensi yang besar untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini sangat mungkin karena dalam game terdapat rule (peraturan) dan task (tugas) yang harus diselesaikan untuk mencapai goal (tujuan). Dengan memasukkan unsur pedagogik dan materi pembelajaran, game dapat menjadikan siswa (sebagai pemain game) tidak sadar bahwa mereka sedang belajar. Atmosfer belajar pun menjadi lebih menyenangkan karena lebih aktif dan interaktif serta tidak terpaku pada model pembelajaran yang berpusat pada guru. Dari kajian literatur dan pembahasan tentang pembelajaran berbasis game, dapat disimpulkan bahwa penggunaan game sebagai media pembelajaran dapat digunakan sebagai alternative untuk meningkatkan suasana belajar siswa generasi digital native.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9601
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV