Respons Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Berbasis SCL Dengan Bahan Ajar Web Centric Course Berbantuan Aplikasi Moodle
Abstract
Mahasiswa calon pendidik diharapkan selain memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi
profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian, juga diharapkan tidak gaptek.
Untuk itu diperlukan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar yang memadai. Bahan
ajar tersebut adalah bahan ajar yang didesain berbasis web centric course dengan menggunakan
system moodle dan dengan penerapan student centered learning (SCL). Tujuan penelitian ini
(1) mendeskripsikan respons mahasiswa terhadap penerapan bahan ajar berbasis web entric
course dengan system moodle mata kuliah Perencanaan pembelajaran dengan penerapan
SCL; dan (2) mendeskripsikan kelebihan dan kelemahannya. Penelitian dilakukan dengan
menggunakan metode mixed dengan teknik pengumpulan data berupa angket dan wawancara.
Respons mahasiswa terhadap penerapan bahan ajar berbasis web centric course dengan
menggunakan system moodle dan dengan penerapan SCL sangat baik dengan alasan bahan ajar
ini membantu mempercepat memahami materi, memberi peluang lebih produktif, mengatur
kemandirian belajar, menghemat waktu, tugas bisa dilaksanakan di dalam dan di luar kelas,
dapat dengan cepat memelajari system, menarik minat, dan senang untuk belajar dengan cara
ini pada mata kuliah yang lain. Kelebihan penggunaan bahan ajar ini mahasiswa menjadi lebih
kreatif, mandiri, dan termotivasi untuk memperdalam pengetahuan tentang TIK, sedangkan
kelemahannya untuk mengakses bahan ajar ini diperlukan jaringan internet yang memadai,
serta diperlukan kesiapan (baik sarana maupun mental) mahasiswa.