• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pendidikan Karakter dan Pengembangan Kepemimpinan Anak Tunagrahita Ringan Melalui Permainan Tradisional

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (591.6Kb)
    Date
    2017-08
    Author
    Subekti, Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Anak tunagrahita adalah anak yang memiliki IQ 70 kebawah. Jumlah penyandang tunagrahita 2,3%. Atau 1,92% anak usia sekolah menyandang tunagrahita dengan perbandingan lakilaki 60% dan perempuan 40% atau 3:2. Pada Data Pokok Sekolah Luar Biasa terlihat dari kelompok usia sekolah, jumlah penduduk di Indonesia yang menyadang kelainan adalah 48.100.548 orang, jadi estimasi jumlah penduduk di Indonesia yang menyandang tunagrahita adalah 2% x 48.100.548 orang = 962.011 orang. (Kemis &Rosnawati : 2013).Anak Tunagrahita Ringan mampu didik adalah anak yang mempunyai IQ antara 50/55 – 70/75 dan mengalami hambatan dalam kecerdasan dan adaptasi sosialnya. Tetapi masih memiliki potensi yang dapat dikembangkan dalam bidang akademis yang sederhana seperti membaca, menulis, berhitung. (S Sukadi, 2012). Indikasi keterlambatan anak tunagrahita dalam bidang sosial umumnya terjadi karena; (1) kurangnya kesempatan yang diberikan pada anak tunagrahita untuk melakukan sosialisasi, (2) kekurangan motivasi untuk melakukan sosialisasi, (3) kekurangan bimbingan untuk melakukan sosialisasi. Kelancaran seseorang untuk mencapai tugas perkembangan sosialnya, merupakan modal dasar yang sangat berarti untuk melakukan penyesuaian sosial secara baik. Oleh sebab itu, terganggunya perkembangan anak dalam salah satu fase atau keseluruhan fase perkembangan sosial sebagaimana yang dialami oleh anak tunagrahita, hasilnya sangat berat untuk dapat melakukan penyesuaian sosial yang akurat tanpa intervensi orang-orang di sekitarnya terus menerus. Sehingga, kepribadian serta karakter anak tunagrahita ringan pun tidak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.Gemah ripah loh jinawi, peribahasa tersebut sering menggambarkan tentang negeri Indonesia tercinta ini. Selain kekayaan alamnya, Indonesia tekenal dengan kekayaan buadayanya. Ratusan ribu warisan leluhur yang ditinggalkan untuk kita, salah satunya ialah permainan tradisional. Permainan yang dimainkan oleh nenek moyang kita dikala waktu luang, seperti bakiak, dagongan, engklek, gobak sodor, dakon, betengan, nekeran, cublak-cublak suweng, jamuran, egrang, petak umpet, karetan, gasingan, dll.Permainan tradisional mengandung nilai-nilai karakter seperti kepemimpinan, keberanian, tanggung jawab, kejujuran, sportivitas, kegigihan dan jiwa membantu atau gotong royong. Dengan permainan tradisional anak tunagrahita ringan bisa melatih dan merangsang kreativitas, konsentrasi, pengetahuan, sikap, keterampilan, dan ketangkasan yang secara murni dilakukan oleh otak dan tubuh manusia serta dapat mengembangkan kecerdasan majemuk anak tunagrahita ringan.Tujuan penulisan karya tulis diharapkan menjadi wahana transformasi pengetahuan antara sekolah inkluasi maupun sekolah luar biasa dengan masyarakat luas.Metode penulisan karya tulis ini adalah dimulai dengan pencarian ide yang terinspirasi oleh fenomena sosial yang terjadi di masyarakat, perumusan masalah, pengumpulan data dan informasi dari buku-buku dan internet, pengolahan data dan informasi dan pengambilan keputusan dan saran.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9609
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV