• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Inovasi Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Melalui Penggunaan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah I Makassar

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (643.4Kb)
    Date
    2017-08
    Author
    Munirah, Munirah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan pembelajaran menulis teks eksposisi pada siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Makassar sebelum menggunakan media audiovisual; 2) mendeskripsikan pembelajaranmenulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Makassar setelah menggunakan media audiovisual; dan 3) membuktikan keefektifan pembelajaran menulis teks eksposisi melalui media audiovisual siswa kelas VII SMPMuhammadiyah 1 Makassar. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian pre-exsperimental design(One-group Pretest-postesst Design).Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIISMP Muhammadiyah 1 Makassar. Penarikan sampel dilakukan dengan simple ramdom sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII B. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes tertulis. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan rumus uji t (paired sample t test). Hasil analisis data menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks eksposisi setelah menggunakan media audiovisual (posttest) lebih baik daripada keterampilan menulis teks eksposisi sebelum menggunakan media audiovisual (Prettest) setelah dianalisis dengan menggunakan rumus uji t, nilai thitung= 3,662 dengan df 25,ttabel=2,060. Jadi thitung ≥ ttabel ,hipotesis penelitian (H1) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media audiovisual efektif diterapkan dalam menulis teks eksposisi pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Makassar.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9612
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV