• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Progressive and Fun Education (Profunedu) International Conference Proceeding
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Scaffolding Dalam Pembelajaran Writing di Universitas Muhammadiyah Surakarta

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (619.9Kb)
    Date
    2017-08
    Author
    Hikmat, Mauly Halwat
    Nuraini, Alif Ayu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Artikel ini membahas hasil penelitian tentang scaffolding dalam pembelajaran Writing di Universitas Muhammadiyah Surakarta serta respons mahasiswa terhadap scaffolding yang digunakan. Scaffolding merupakan bantuan bagi mahasiswa untuk meraih capaian tertentu sampai tahap di mana mereka mampu melakukannya sendiri. Subyek penelitian kualitatif ini adalah 2 dosen dan 2 kelas Writing pada semester 2 dan 4. Teknik pengumpulan data menggunakan interview, observasi dan dokumentasi dan dianalisis dengan menggunakan metode interaktif. Penelitian menunjukkan bahwa dosen memberikan scaffolding secara langsung dan tidak langsung. Secara langsung, dosen memberikan scaffolding melalui prosedur pembelajaran yang terdiri dari Bridging, Modelling (pemberian contoh), konstruksi bersama dan penulisan mandiri. Secara tidak langsung, dosen memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan scaffolding mahasiswa lainnya dalam kelompok yang berupa umpan balik. Umpan balik korektif dari dosen berupa koreksi eksplisit, memberikan pertanyaan, dan bantuan modifikasi. Umpan balik dari mahasiswa dalam kelompok berupa perbaikan tata bahasa dan perbaikan isi tulisan. Mahasiswa merespon scaffolding yang diberikan oleh dosen dan teman dalam kelompoknya dengan melakukan perbaikan tulisannya berdasarkan umpan balik yang diperoleh.Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa umpan balik dalam pembelajaran Writing sangat penting dan harus diberikan sejelas mungkin Dari beberapa tahap pembelajaran, scaffolding yang berupa berbagai umpan balik yang lebih rinci dan jelas sangat diperlukan mengingat mahasiswa masih perlu memperbaiki tulisannya sebelum akhirnya dapat menulis sendiri dengan baik.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9614
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV