dc.contributor.author | Handayani, Eka Aprilya | |
dc.date.accessioned | 2018-05-07T06:42:06Z | |
dc.date.available | 2018-05-07T06:42:06Z | |
dc.date.issued | 2017-04 | |
dc.identifier.citation | Andriany, Dian. (2006). Penggunaan Internet oleh Mahasiswa. Skripsi. Bogor: Institut Pertanian Bogor. Ardianto, Elvinaro dan Erdinaya Lukiati Komala. (2005). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Febrian, Jack. (2003). Menggunakan Internet Dilengkapi Situs yang Menarik untuk Dikunjungi. Bandung: Informatika. Hobbs, R. (1996). Media Literacy, Media Activism. Telemedium, the Journal of Media Literacy,42(3). Neuman, W. L. (2000). Social Research Methods, Qualitative and Quantitative Approaches (4th ed).USA: Allyn and Bacon. Pengertian dan Makna Literasi. (2016, Februari). Diakses darihttp://www.unesco.org/education/ GMR2006/full/chapt6_eng.pdf | id_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-361-102-7 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/9738 | |
dc.description.abstract | Perkembangan teknologi internet mengalami kemajuan yang luar biasa sehingga memungkinkan
pengguna internet melakukan berbagai kegiatan di dunia maya secara interaktif, baik peroranganatau kelompok, di lingkungan sendiri atau di negara lain, dalam durasi waktu yang tak terbatas.Kemudahan akses dan jumlah pengguna internet yang semakin besartelah mewujudkan budayainternet. Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan, bahkan keharusan bagi mahasiswa yangtentunyamemiliki dampak positif maupun negatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaaninternet pada mahasiswa STKIP Muhammadiyah Bulukumba dan pengaruhnya terhadap perilakuliterasi mereka. Penelitian ini menggunakan metode deskriptifkualitatif dengan pengumpulandata melalui Focus Group Discussion (FGD) kepada mahasiswa STKIP MuhammadiyahBulukumba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan internetdengan intensitas tinggidilakukan mahasiswa untuk mengakses media sosial, pesan instan (instant messenger) sepertiwhatsapp, line, dan blackberry messenger, game online,dan bisnis toko online. Adapun aksesinternet untuk kegiatan yang menunjang perilaku literasi masih terbatas, umumnya hanya dikalangan mahasiswa yang memiliki kemampuan kognitif di atas rata-rata. Hal ini menunjukkanpenggunaan internet pada mahasiswa belum sepenuhnya berfungsi sebagai media literasi, karenalebih banyak digunakan sebagai media sosialisasi, bisnis, dan media hiburan. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke -2 | id_ID |
dc.title | Penggunaan Internet Sebagai Media Literasi Pada Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Bulukumba: Tantangan Pendidikan Abad 21 | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |