Show simple item record

dc.contributor.authorWidodo, Agung
dc.contributor.authorNurina, Titis
dc.date.accessioned2018-05-10T07:05:55Z
dc.date.available2018-05-10T07:05:55Z
dc.date.issued2017-08
dc.identifier.citationAni Fidiyaningrum. 2006. “Upaya Mengembangkan Empati Mahasiswa dengan Memanfaatkan Media Bimbingan”. Skripsi. Semarang: UNNES. Chaplin. 1999. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada. E. Kosasih. 2012. Cara Bijak Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Yrama Widya. Geldard, Kathryn, Geldard, David. 2004. Membantu Memecahkan Masalah Orang Lain dengan Teknik Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Jumarin. 2002. Dasar-Dasar Konseling Lintas Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Khairiyah, Rofi’atul. 2015. “Difabilitas dalam Al Qur’an”. Skripsi. Semarang. Meimulyani, Yani, Asep Tiswara. 2013. Pendidikan Jasmani Adaptif. Jakarta: Luxima Metro Media.id_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-102-7
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9747
dc.description.abstractArtikel ini merupakan kajian pemikiran ilmiah yang bertujuan sebagai gagasan tentang upaya menumbuhkan empati mahasiswa. Seperti diketahui bersama bahwa bahwa dewasa ini negara dan bangsa Indonesia sedang dilanda berbagai krisis. Salahsatu krisis yang menyebabkan keprihatinan adalah krisis moral. Beberapa fakta krisis moral yang terjadi dalam masyarakat antara lain ditandai oleh (1) hilangnya kejujuran, (2) hilangnya rasa tanggung jawab, (3) tidak mampu berpikir jauh ke depan (visioner), (4) rendahnya disiplin, (5) krisis kerjasama, (6) krisis keadilan, dan (7) krisis kepedulian. Tidak hanya di lingkungan masyarakat umum, ironisnya krisis moral ini juga mulai dijumpai di dalam lingkungan masyarakat akademik salahsatunya adalah lingkungan kampus dengan ditandai sering ditemuinya sikap dan perilaku mahasiswa yang bertentangan dengan nilai moral sebagaimana disebutkan di atas. Oleh karena itu penanaman nilai-nilai karakter mutlak harus dilakukan dalam setiap kegiatan di kampus tanpa terkecuali dalam kegiatan pembelajaran. Di dalam kurikulum Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI), matakuliah Pendidikan Jasmani Adaptif menjadi salahsatu matakuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa. Pendidikan jasmani adaptif sendiri secara umum dapat diartikan sebagai pendidikan jasmani yang disesuaikan bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Dalam proses pelaksanaan pembelajarannya, matakuliah ini tidak hanya berupa penyampaian teori di dalam kelas, tetapi juga melalui observasi langsung ke lapangan serta praktik pembelajaran pendidikan jasmani adaptif bagi ABK di Sekolah Luar Biasa (SLB) yang berada di wilayah Kota Sukabumi. Melalui matakuliah yang memungkinkan mahasiswa dapat berinteraksi langsung dengan ABK di SLB melalui tugas observasi dan praktik pembelajaran ini, diperoleh berbagai manfaat antara lain: (1) menumbuhkan rasa syukur atas karunia Allah Swt yang diberikan selama ini,: (2) menumbuhkan rasa empati kepada orang lain; dan (3) menumbuhkan jiwa sebagai pendidik untuk mencerdaskan anak bangsa.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke -2id_ID
dc.titleMenumbuhkan Empati Mahasiswa Melalui Matakuliah Pendidikan Jasmani Adaptifid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record